Round-Up

Balada Orang Tua Kakak-Adik yang Kawin Sedarah

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 04 Jul 2019 06:14 WIB
Pernikahan sedarah warga Sulsel, kakak memperistri adik kandung. (Foto: Istimewa)

Polisi juga akan mendalami keterangan terhadap saksi bernama Ratna. Ratna, disebut Berry, merupakan saudara kandung Ansar dan Fitriani.

"Ada juga nanti perempuan bernama Ratna, yang merupakan saudara kandung terlapor juga. Karena dari kronologi itu, Ratna inilah yang menelepon terlapor dan terlapor mengakui dia sudah menikah. Dia mengakui di telepon. Itu kronologinya," tegasnya.

Kasus ini terungkap pada Juni 2019. Kala itu Ansar mengajak Fitriani kabur dari kampungnya di Bulukumba ke Balikpapan, Kalimantan Timur. Informasi pernikahan terlarang itu terkuak setelah salah seorang kerabat Ansar melaporkan kejadian ini ke keluarganya di Kabupaten Bulukumba.

"Jadi ceritanya itu nikah sembunyi-sembunyi di Kalimantan. Jadi saudaranya sendiri dia kawini," kata Kepala KUA Ujung Loe, Makbul, saat dimintai konfirmasi detikcom.

Berdasarkan kabar yang diterima keluarga di Bulukumba, Ansar menikah dengan adik bungsunya ini pada Minggu, 23 Juni 2019, di Kalimantan. Saat itu, Ansar sempat meminta saudara sepupunya, Samparaja, menjadi wali nikah keduanya.

"Bahkan sepupunya itu, bernama Samparaja, katanya disuruh jadi wali. Tapi dia tidak mau karena, kenapa dia bilang tidak mau jadi wali, karena yang mau dinikahi saudaramu sendiri," ujar Makbul.


Balada Orang Tua Kakak Adik yang Kawin SedarahPernikahan sedarah warga Sulsel, kakak memperistri adik kandung. (Foto: Istimewa)

Wakil Bupati Bulukumba Tommy Satria mengatakan, berdasarkan laporan pihaknya, keluarga mengaku tidak tahu sama sekali soal hubungan kakak-adik ini. Keduanya mengelabui keluarga dengan meminta izin hendak bekerja ke Malaysia.

"Tapi, ternyata setelah di Kalimantan, mereka melakukan nikah siri dan merupakan kegiatan yang memalukan. Proses Ini sejujurnya di luar jangkauan kita ya," kata Tommy saat berbincang dengan detikcom, Rabu (3/7).

Dia juga menyebut kejadian pernikahan sedarah yang yang dilakukan warganya itu menjadi keprihatinan bersama. Karenan itu, dia berharap peran aktif orang tua untuk menjaga anak-anak mereka.

"Bagi saya, ini menjadi pembelajaran bahwa seharusnya proses-proses harus dimulai dari rumah tangga sehingga jangan sampai ada penyimpangan pengasuhan sehingga ada sesama saudara saling mencintai," katanya.

"Tentu kami sangat berharap peran orang tua, orang tua memonitor itu, tentu juga kepala desa, kecamatan, pemangku agama, membangun kualitas keagamaan kita lebih baik," sambungnya.
Halaman


Simak Video "Viral! Ibu-ibu Beli Toyota Rush Pakai Uang Receh"
[Gambas:Video 20detik]

(idh/jbr)