PAN Bakal Balikan dengan Jokowi?

Round-Up

PAN Bakal Balikan dengan Jokowi?

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 04 Jul 2019 05:08 WIB
Elite PAN saat Rakernas (Lamhot Aritonang/detikcom)
Elite PAN saat Rakernas (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Mayoritas pengurus daerah PAN disebut ingin bersama Joko Widodo (Jokowi). Apakah PAN akan balikan dengan Jokowi?

Hubungan PAN dengan Jokowi dapat dirunut sejak 2014. Ketika itu, PAN dan Jokowi ada di kubu berseberangan karena PAN mengusung pasangan Prabowo-Hatta di Pilpres 2014. Meski demikian, PAN akhirnya memberikan dukungan kepada Jokowi di tengah keberjalanan pemerintahan. Satu kursi kabinet diberikan kepada PAN dan akhirnya diduduki Asman Abnur sebagai MenPAN-RB.

Hingga akhirnya dinamika politik Indonesia sampai pada penentuan capres-cawapres 2019. PAN, yang ada di dalam koalisi Jokowi, justru mengusung lawan Jokowi, yaitu Prabowo-Sandiaga. Asman Abnur kemudian mundur dari kabinet Jokowi.



Riuhnya pesta demokrasi Pilpres 2019 berjalan sampai ujungnya Joko Widodo-Ma'ruf Amin ditetapkan sebagai presiden dan wapres terpilih 2019-2024. Setelah itu, muncul isu sejumlah partai yang semula mendukung Prabowo akan merapat ke pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

Salah satunya PAN. Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan puluhan pengurus wilayah partainya sudah dua kali mengadakan pertemuan bersama Ketua Umum Zulkifli Hasan. Diskusi informal itu merupakan pertemuan sebelum Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN, yang rencananya diselenggarakan pada akhir Juli atau awal Agustus nanti.

Viva Yoga Mauladi / Viva Yoga Mauladi (Ari Saputra/detikcom)


Diskusi Ketum, pimpinan DPP, dan pimpinan DPW PAN itu menghasilkan empat hal. Pertama, mayoritas sepakat PAN harus berbenah diri. Kedua, partai berlambang matahari ini perlu berkonsolidasi. Ketiga, mendampingi masyarakat. Keempat, bersama pemerintahan Jokowi.



"Sebagian besar menyatakan bahwa PAN perlu fokus memperbaiki internal, menyiapkan proses pengkaderan, menata konsolidasi organisasi. Ketiga, membuat program-program kerakyatan yang bersifat advokasi," kata Viva.

"Dan keempat, lebih baik bersama-sama dengan pemerintah membangun bangsa dan negara," tandas Viva.

Lalu, bagaimana dengan pengaruh senior PAN Amien Rais?

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video " Rebutan Mikrofon Pemicu Ricuh di Rakernas PAN"
[Gambas:Video 20detik]