Ma'ruf Amin Sebut Jokowi Siapkan Menteri dari Kalangan Muda

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 03 Jul 2019 21:22 WIB
Ma'ruf Amin (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta - Wakil presiden (wapres) terpilih Ma'ruf Amin mengatakan Joko Widodo (Jokowi) sudah menyiapkan sejumlah nama menteri untuk kabinet periode kedua. Ma'ruf menyebut Jokowi menyiapkan menteri dari kalangan muda.

"Saya kira karena Pak Jokowi sudah membuat pernyataan bahwa nanti akan ada menteri yang muda. Bahkan beliau nyebut umur 25-30 (tahun) ya. Itu artinya berarti akan ada menteri yang (muda)," kata Ma'ruf di Hotel Grand Cempaka, Jalan Letjend Suprapto, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2019).




Ma'ruf menegaskan penyusunan kabinet merupakan hak prerogatif presiden. Namun ia menilai generasi muda yang memiliki kemampuan layak diikutsertakan dalam kabinet.

"Ini kan hak prerogatif presiden. Nanti jadi saya kira memang karena potensi milenial cukup besar, maka saya kira sudah wajar untuk direpresentasikan di dalam kabinet," ujar Ma'ruf.




Namun Ma'ruf enggan membocorkan nama calon menteri muda tersebut. Ia meminta semua pihak bersabar menunggu.

"Saya bilang belum ya. Kalau sampai kepada orang itu belum. Tapi kalau itu bahwa orang muda yang akan diambil jadi menteri itu sudah diucapkan oleh presiden. Tinggal orangnya belum tahu lagi," tutupnya.

Soal menteri muda, isu ini sudah muncul sejak pertengahan Mei lalu. Wacana ini muncul dalam pembahasan kalangan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf saat itu untuk mengakomodasi kaum milenial di kabinet.

Simak Video "Wapres Ma'ruf Amin Kenang Jadi Anggota DPRD DKI"
[Gambas:Video 20detik]
(lir/zak)