Anies Ingin Taman Ismail Marzuki Jadi Pusat Budaya Dunia

Anies Ingin Taman Ismail Marzuki Jadi Pusat Budaya Dunia

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 03 Jul 2019 18:54 WIB
Gubernur DKI Anies Baswedan melakukan ground breaking revitalisasi Taman Ismail Marzuki. (Arief Ikhsanudin/detikcom)
Gubernur DKI Anies Baswedan melakukan ground breaking revitalisasi Taman Ismail Marzuki. (Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan peletakan batu pertama atau ground breaking revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM). Anies ingin TIM menjadi pusat budaya dunia.

"Kita ingin agar rencana menjadi kenyataan karena perencanaan matang. Maka kita titipkan kepada JakPro (pengembangan) lakukan dengan persiapan matang. Maka tak hanya jadi pusat budaya Indonesia, tapi Asia, bahkan dunia," ucap Anies di TIM, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2019).




Saat ground breaking, Anies ditemani oleh budayawan Salim Sahid. Dia ingin membentuk Jakarta memiliki fasilitas untuk budayawan berkembang.

"Yang dibangun adalah ekosistem kebudayaan. Fisik ya, untuk fasilitasi seniman, budayawan bisa berkembang karena ekosistem sehat," ucap Anies.

Anies menargetkan revitalisasi TIM selesai pada 2021. Dia ingin 'wajah' TIM yang baru menjadi kado untuk hari ulang tahun Jakarta.

"Target kan selesai Juni 2021. 2021 bulan Juni saat rayakan ultah Jakarta ke-494 saat itu kita memiliki wajah baru Jakarta dalam bentuk TIM yang baru," ucap Anies.


Anies melakukan ground breaking secara simbolis.Anies melakukan ground breaking secara simbolis. (Arief Ikhsanudin/detikcom)


Revitalisasi TIM dilakukan dalam dua tahap. Pada tahap pertama, revitalisasi akan berlangsung dalam beberapa tahap. Di antaranya, membuat bangunan baru untuk merelokasi sementara semua kegiatan.

Kemudian, bangunan lama akan dipugar, seperti mengubah lahan parkir menjadi taman dan memindahkan tempat parkir ke bawah (basement) bangunan yang baru.

Selanjutnya, pembangunan dilanjutkan dengan merevitalisasi bangunan existing dan penataan ruang terbuka hijau.



Simak Juga 'Anies: Masyarakat Betawi Menjadi Simpul Persatuan Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Bioskop XXI Taman Ismail Marzuki Bakal Ditutup?"
[Gambas:Video 20detik]
(aik/zak)