Tersangka Penghina Jokowi di Babel: Saya Cuma Mengkritik

Deni Wahyono - detikNews
Rabu, 03 Jul 2019 16:13 WIB
Pria di Babel ditangkap polisi karena menghina Jokowi. (Deni Wahyono/detikcom)
Pangkalpinang - Juranda Aditya (22) tersangka ujaran kebencian (hate speech) mengaku tidak bermaksud menghina menghina Presiden Joko Widodo (Jokowi) di media sosial. Juranda mengaku hanya ingin mengkritik, bukan menghina.

"Tidak ada niat menghina, Pak, saya cuma mengkritik," jelas Juranda kepada media terkait alasan mem-posting ulang kiriman orang lain di akun Facebook miliknya.

Posting-an ujaran kebencian berawal saat pelaku mengunggah kasus artis Andre Taulany yang diduga telah menghina Nabi dengan kasus lain. Menurutnya, foto yang di-share itu didapat dari beranda Facebook miliknya.



"Berawal dari mem-posting ulang kasus Andre Taulany, isinya foto Andre dan Imran Kumis serta orang lain di sampingnya. Di situ ada kata-kata menghina Nabi ditangkap polisi, menghina Presiden ditangkap," terang pelaku.

Sementara itu, Dirkrimsus Polda Babel Kombes Indra Krismayadi mengingatkan masyarakat, khususnya Bangka Belitung, agar tidak mengunggah pernyataan yang menimbulkan kebencian.

"Untuk masyarakat, khususnya Babel, jangan pernah mem-posting atau membagikan kiriman orang lain apa pun jenisnya yang menimbulkan rasa kebencian di masyarakat," jelas Indra.

Sebelumnya, Tim Direktorat Krimsus Polda Bangka Belitung menangkap Juranda Aditya (22) atas kasus dugaan ujaran kebencian (hate speech). Juranda diduga menghina Presiden Joko Widodo (Jokowi) di media sosial.



"Pelaku ditangkap karena ujaran kebencian di media sosial Facebook," kata Dirkrimsus Polda Babel Kombes Indra Krismayadi saat jumpa pers di Mapolda Babel, Rabu (3/7/2019).

Juranda ditangkap setelah polisi menerima laporan terkait akun Facebook 'Juranda Konyol' yang membagikan posting-an akun lain. Juranda kemudian menambahi tulisan yang diduga menghina Jokowi.




Simak Juga 'Status Hukum Akun Penghina Jokowi Ditentukan 1x24 Jam':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Penghina Jokowi 'Mumi' Akhirnya Ditahan"
[Gambas:Video 20detik]
(rvk/rvk)