detikNews
Rabu 03 Juli 2019, 15:13 WIB

KPU Rapat Bahas Pilkada 2020 dengan DPR Pekan Depan

Dwi Andayani - detikNews
KPU Rapat Bahas Pilkada 2020 dengan DPR Pekan Depan KPU (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - KPU akan melakukan rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR membahas Pilkada Serentak 2020. RDP direncanakan berlangsung Senin pekan depan.

"RDP dengan DPR dijadwalkan tanggal 8 Juli," kata Ketua KPU Arief Budiman di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2019).


Arief mengatakan nantinya RDP akan membahas peraturan KPU tentang tahapan, program, dan jadwal dalam Pilkada 2020 seperti tanggal hingga lamanya masing-masing tahapan.

"Kalau besok yang dibahas tahapannya saja, tahapan kampanye, tahapan pencalonan," ujar Arief.

Namun Arief menyebut konsultasi tidak menutup kemungkinan akan membahas persoalan lain walaupun hal tersebut seharusnya dibahas sesuai dengan PKPU yang dikonsultasikan.


"Kalau rapat konsultasi tahapan mestinya hanya membahas durasi tahapan. Tapi biasanya berkembang, jadi pembicaraannya juga tentang syarat pencalonan," kata Arief.

"Padahal itu kan kalau hal yang semacam itu dibahasnya di PKPU sendiri, misalnya pencalonan di PKPU pencalonan, kampanye ya detail di kampanye," sambungnya.

Sebelumnya, KPU melakukan uji publik terhadap PKPU tahapan, program, dan jadwal Pilkada 2020 pada Senin (24/6). KPU merencanakan pilkada ini dilaksanakan pada 23 September 2019. Pilkada ini akan diikuti oleh 270 daerah.

Simak Video "KPU Waspadai Adanya Serangan Siber di Pilkada 2020"
[Gambas:Video 20detik]

(dwia/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com