Sekjen MPR: Jadwal-Undangan Pelantikan Presiden Ditentukan Keanggotaan Baru

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Selasa, 02 Jul 2019 08:25 WIB
Sekjen MPR Ma'ruf Cahyono (Foto: Dok MPR)
Jakarta - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menyatakan jadwal dan undangan untuk pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 akan ditentukan oleh keanggotaan MPR yang baru. Anggota MPR periode 2019-2024 baru akan dilantik pada 1 Oktober 2019 mendatang.

"Karena urusan pelantikan (presiden) itu kan harus didahului dengan pelantikan MPR dulu kan tanggal 1 Oktober. Jadi saya kira agenda-agenda untuk membahas soal jadwal (pelantikan presiden) dan lain-lain nanti setelah keanggotaan yang baru," kata Sekjen MPR Ma'ruf Cahyono saat dihubungi, Selasa (2/7/2019).

Ma'ruf Cahyono menjelaskan jadwal pelantikan Presiden terpilih akan ditentukan oleh Pimpinan MPR periode mendatang. Soal undangan terhadap Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam pelantikan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin juga disebutnya bakal ditentukan oleh MPR yang baru nanti.


"Semuanya tergantung ya nanti pembahasan dari MPR, kan nanti akan terbentuk alat-alat kelengkapan yang membahas itu, termasuk jadwal dan nanti pasti sudah ada pimpinan yang baru kan, pimpinan periode masa yang akan datang. Termasuk juga kapan waktunya, termasuk juga siapa-siapa saja yang diundang, apakah paslon yang ikut kontestasi pilpres ikut diundang nanti ditentukan ke sana," jelas Ma'ruf Cahyono.

Dia menyatakan agenda pelantikan presiden akan dijadwalkan pada 20 Oktober 2019 mendatang sesuai dengan tanggal pelantikan Presiden dan Wakil Presiden lima tahun lalu. Dia berharap proses pelantikan berjalan lancar.

"Lima tahun lalu kan 20 Oktober, kalau lima tahunan kepemimpinan nasional kan akan ketemu lagi di 20 Oktober. Ditentukan agendanya itu ya 20 Oktober, karena nggak boleh vakum juga kan. Ya mudah-mudahan semua lancar, nggak ada hal-hal lain yang bisa mengubah ya jadwal kenegaraan yang sudah memang ditetapkan," ungkapnya.


Sebelumnya, Sandiaga Uno mengaku akan sangat bahagia jika diundang dalam pelantikan Jokowi-Ma'ruf. Meski demikian, dia belum menyatakan akan datang atau tidak jika diundanga.

"Kan yang mengundang MPR ya? Kami juga akan sangat bahagia kalau diundang," kata Sandiaga, Senin (1/7).

Sandiaga mengatakan akan mencocokkan jadwal dengan Prabowo. Dia menyebut masih ada waktu panjang sebelum pelantikan.

"Oktober ya, masih panjang. Saya akan senang sekali kalau diundang dalam pelantikan tersebut. Dan tentunya akan mencocokkan jadwal dengan Pak Prabowo," terang Sandiaga.


Sandiaga Bahagia Jika Diundang Pelantikan? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Sidang Tahunan MPR 14 Agustus, Bamsoet: Jokowi Hadir Secara Fisik"
[Gambas:Video 20detik]
(azr/haf)