Disebut Ketua DPRD Ingin Jadi Wagub DKI, Adhyaksa Dault Angkat Bicara

Haris Fadhil - detikNews
Senin, 01 Jul 2019 23:11 WIB
Adhyaksa Dault (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengatakan mantan Menpora Adhyaksa Dault punya niat mengisi kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta yang kini kosong. Adhyaksa pun angkat bicara dengan menjelaskan isi pertemuannya dengan Prasetio.

"Pertemuan saya dengan Prasetio Edi Marsudi (Ketua DPRD DKI Jakarta) menanyakan bagaimana kelanjutan proses pemilihan dua bakal cawagub DKI Jakarta yang diusulkan PKS. Ini pertemuan biasa saja bagi kami yang sudah berkawan sedari muda," kata Adhyaksa lewat keterangan tertulis, Senin (1/7/2019).



Adhyaksa menyatakan Prasetio-lah yang awalnya menyampaikan agar dirinya menjadi Wagub DKI. Namun Adhyaksa mengaku tak menanggapi serius ucapan Prasetio itu.

"Dalam obrolan itu, Prasetio Edi Marsudi bilang ke saya, 'Loe aja yang jadi Wagub DKI, Bro.' Ini obrolan lepas sebagai sesama anak Jakarta. Tidak saya tanggapi serius, karena saya menyadari banyak yang lebih baik dari saya," ujarnya.

Adhyaksa menyebut dirinya dan Prasetio pernah bersama-sama menjadi pengurus KNPI DKI Jakarta. Adhyaksa pun menyatakan substansi obrolan keduanya ialah harapan agar DKI Jakarta segera memiliki wagub sudah sejak tahun lalu kosong setelah ditinggal Sandiaga Uno, yang maju sebagai cawapres dalam Pemilu 2019.

"Sebagai warga Jakarta, saya tentu berharap agar DKI Jakarta segera memiliki wakil gubernur. Tujuannya agar pelayanan terhadap masyarakat semakin baik, ini substansi yang harus kita dorong. Jangan berlarut-larut proses pemilihan cawagub DKI ini karena menyangkut hak masyarakat untuk dilayani. Saya kira ini harapan semua warga DKI Jakarta. Tentang siapa orangnya, kita serahkan pada keputusan partai pengusung dan DPRD DKI. Sebagai masyarakat kita harus mengontrolnya," tuturnya.



Prasetio, yang merupakan politikus PDIP, sebelumnya menyebut Adhyaksa berniat menjadi Wagub DKI Jakarta. Hal itu, kata Prasetio, disampaikan Adhyaksa saat berkunjung ke rumah dinasnya.

"Ya Adhyaksa Dault tadi ke rumah saya. Ya pertama, dia silaturahmi, dia juga rekan saya, teman saya di KNPI. Yang kedua juga ya beliau juga ingin mencoba, maulah istilahnya, mau juga mencalonkan (wagub). Mau juga beliau, ya kalau bisa," ucap Prasetio kepada wartawan di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Senin (1/7).

Adhyaksa sendiri sempat bicara soal pemindahan ibu kota hingga posisi Wakil Gubernur DKI yang masih kosong saat pertemuan itu. Dia juga menyatakan memberi saran agar posisi wagub segera diisi. Menurutnya, posisi itu penting dalam kepemimpinan DKI Jakarta.

"Saya kira harus ada wagub dalam waktu yang cepat supaya terisi. Jadi ada balance antara gubernur dan wakil ketika ambil kebijakan. Itu penting sekali. Tadi juga beliau sampaikan belum diisi wagub," ujar Adhyaksa di rumah dinas Ketua DPRD DKI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

Adhyaksa mengaku saat ini tidak terikat dengan partai mana pun dan hanya menjalankan pekerjaan sebagai profesional. Namun, saat ditanya bila ditawari menjadi Wagub DKI Jakarta, Adhyaksa enggan menjawab dengan tegas.

"Itu kita lihat nanti," sebut Adhyaksa.

Untuk diketahui, saat ini proses pemilihan Wagub DKI masih berjalan di DPRD DKI Jakarta. Ada dua nama yang telah diusulkan PKS, yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu.

Simak Video "Wagub soal Reformasi Birokrasi: DKI Banyak Melakukan Perubahan"
[Gambas:Video 20detik]
(haf/haf)