detikNews
2019/07/01 20:01:47 WIB

Round-Up

Heboh 'Kontes' Waria yang Ternyata Acara Sunatan

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Heboh Kontes Waria yang Ternyata Acara Sunatan Polisi memeriksa pemilik dan penggelar acara sunatan yang dipandu MC waria. (Deni/detikcom)
Pangkalpinang - DPRD Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung (Babel), menyoroti acara kontes waria yang dianggap meresahkan masyarakat. Setelah ditelusuri, ternyata acara tersebut hanyalah acara sunatan yang dipandu MC pria gemulai.

Dirangkum detikcom, Senin (1/7/2019), Sekretaris Komisi III DPRD Kota Pangkalpinang, Rio Setiady, menyampaikan acara tersebut bertentangan dengan budaya di wilayahnya. Menurut dia, kegiatan komunitas waria seperti itu meresahkan dan berpotensi melanggar Perda Ketertiban Umum.

"Kontes waria yang diselenggarakan tadi malam di salah satu kelurahan di Pangkalpinang tidak sesuai dengan adat, budaya, norma, dan nilai sosial masyarakat setempat," kata Rio Setiady di Pangkalpinang, yang dilansir Antara.



Namun setelah ditelusuri, acara itu hanyalah acara khitanan yang diadakan keluarga Ayu. Acara berlangsung di Gang Mawar, Jl RE Martadinata, Kelurahan Opas Indah, Kecamatan Taman Sari, Minggu (30/6/2019).

Banjirudin, yang menjadi MC acara syukuran, membantah isu kegiatan kontes waria dalam acara syukuran sunatan tersebut. Acara itu digelar oleh keluarga Ayu. Acara tersebut untuk syukuran sunatan adik Ayu.

"Adanya beberapa waria yang tampil ke depan panggung hanya spontanitas untuk menghibur karena beberapa rekan kami sebagai tamu undangan, jadi aku sebagai MC memanggil mereka," kata Banjirudin saat diwawancara terpisah.

Saat disinggung terkait urutan nomor yang dipanggil dan berjalan ala model, Udin mengatakan bahwa nomor urut tersebut dibuat juga secara spontan. Dia menambahkan acara-acara itu hanya untuk menghibur tamu undangan, bukan sebuah kontes resmi.

"Untuk nomor urut, pada waria kami buat secara spontan dari kertas bekas dan kami tulis untuk menjadi nomor urut seolah-olah seperti kontes, padahal kami hanya berniat untuk menghibur tamu undangan yang hadir," tutur Udin.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com