detikNews
Senin 01 Juli 2019, 11:27 WIB

Inneke Koesherawati Dipanggil KPK Terkait Kasus Suap Proyek Bakamla

Ibnu Hariyanto - detikNews
Inneke Koesherawati Dipanggil KPK Terkait Kasus Suap Proyek Bakamla Inneke Koesherawati (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Penyidik KPK memanggil Inneke Koesherawati untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan suap proyek di Bakamla. Selain Inneke, penyidik juga mengharapkan kehadirkan Direktur Utama PT Merial Esa (ME) Syukri Gunawan.

"Untuk menjalani pemeriksaan dalam kapasitasnya sebagai saksi," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Senin (1/7/2019).

Selain itu penyidik juga memanggil saksi lainnya yaitu Danang Sriradityo Hutomo, Siti Sriyati Mutiah, Atras Mafazi. Ketiganya disebut dari unsur swasta.




Pemanggilan para saksi itu berkaitan dengan tersangka korporasi PT ME. Sedangkan Inneke diketahui sebagai istri dari salah satu tersangka perkara ini yaitu Fahmi Darmawansyah yang juga diketahui sebagai pemilik PT ME.

PT ME ditetapkan KPK sebagai tersangka karena diduga membantu memberikan suap kepada Fayakhun Andriadi, yang saat itu menjabat anggota DPR. Suap kepada Fayakhun itu, disebut KPK, diberikan oleh Fahmi Darmawansyah.

Total suap yang diduga diberikan kepada Fayakhun ialah USD 911.480 atau sekitar Rp 12 miliar. Duit itu diduga diberikan secara bertahap lewat rekening di Singapura dan China dengan tujuan agar Fayakhun mengupayakan agar proyek pengadaan monitoring satellite Bakamla bisa dianggarkan pada APBN-P 2016.


Tok! Suami Inneke Divonis 3,5 Tahun Penjara, Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "KPK Cegah Dua Saksi Kasus Bupati Cirebon Ke Luar Negeri"
[Gambas:Video 20detik]

(ibh/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com