Sandi ke Pendukung: Maknai Kekecewaan Sebagai Kesungguhan Mencintai Negara

Zunita Putri - detikNews
Senin, 01 Jul 2019 03:03 WIB
Sandiaga Uno (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Sandiaga Salahuddin Uno mengucapkan selamat kepada Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2019-2024, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. Sandiaga juga meminta para pendukung untuk bersatu kembali menjaga demokrasi Indonesia.

Awalnya, Sandi bicara soal menang dan kalah dalam pemilu adalah hal biasa, rasa kecewa dan bahagia dalam pemilu juga menjadi hal wajar dalam kontestasi politik. Dia pun meminta para pendukung untuk berpikir positif dan berikhtiar bersamanya untuk memajukan Indonesia, meski tidak masuk dalam struktur pemerintahan.

"Dalam setiap pemilu, pasti ada yang dipilih, dan ada yang belum terpilih, dan kami memahami yang belum terpilih, atau tidak dinyatakan sebagai pemenang, tentu ada rasa kecewa, saya ingin ajak seluruh pendukung kami, paslon 02 dan mengajak seluruh rakyat Indonesia memaknai kekecewaan itu sebagai wujud kesungguhan dalam mencintai negara dan bangsa kita," ujar Sandi seperti dilihat di akun Instagram pribadinya, Minggu (30/6/2019).

"Oleh sebab itu, marilah kita menjaga energi postif, perjuangn kita tidak berhenti sampai di sini, dan berjuang memajukan bangsa tidak harus selalu dilakukan dalam struktur pemerintahan, ikhtiar untuk mewujudkan kemerdekaan, mewujdukan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dapat dilakukan dengan banyak cara," imbuhnya.

Dia juga bicara peran oposisi sebagai penyeimbang untuk menjaga demokrasi dan jalannya pemerintahan. Menurutnya, demokrasi yang baik itu adalah antara oposisi sebagai penyeimbang kerja pemerintah dan pemerintah yang menjalankan amanah rakyat harus bekerja seimbang, kata Sandi, itu dilakukan untuk demokrasi Indonesia ke depan agar lebih baik.

"Demokrasi sehat ibarat tepukan tangan, diperlukan dua tangan untuk bertepuk, bila demokrasi ingin sehat, harus ada kerimbangan antara yang menjalankan pemerintahan dengan yang mengontrol jalannya pemerintahan," ucapnya.

Eks Wagub DKI itu, juga meminta agar para pendukung paslon 01 ataupun 02 kembali bersatu untuk memajukan bangsa. Tak lupa, Sandiaga juga mengucapka terima kasih kepada tim hukum Prabowo-Sandi dan relawan yang telah berjuang hingga babak akhir, yakni sengketa pilpres di MK.

"Setelah keputusan ini, seluruh komponen bangsa harus kembali bersatu, bekerjasama, bahu-membahu untuk memajukan bangsa ini, perbedaan politik tidak harus buat bermusuhan. Kepada tim hukum, dan seluruh pendukung, terimalah penghargaan dan apresiasi kami, kita semua telah bersama-sama menajalankan tugas konstitusional dengan penuh tanggung jawab, menjaga idealisme, dan perjuangkan kejujuran dan keadilan, semoga Allah SWT memberikan ridha atas perjaungan kita, dan semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberkahi Indonesia," pungkasnya.


Simak Juga "Jokowi Nantikan Prabowo-Sandi di Hari Pelantikan":

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Sandiaga Uno Bawa Tasbih saat Dilantik Jadi Menteri"
[Gambas:Video 20detik]
(zap/nvl)