detikNews
Minggu 30 Juni 2019, 15:37 WIB

Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Jadi Presiden-Wapres pada 20 Oktober 2019

Ibnu Hariyanto - detikNews
Pelantikan Jokowi-Maruf Jadi Presiden-Wapres pada 20 Oktober 2019 Mendagri Tjahjo Kumolo (Dok. Kemendagri)
Jakarta - Sore ini, Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin akan ditetapkan oleh KPU menjadi capres dan cawapres terpilih 2019. Setelah itu, Kementerian Dalam Negeri akan menyiapkan pelantikan Jokowi-Ma'ruf menjadi presiden dan wakil presiden.

"Setelah ini, akan disiapkan pelantikan tanggal 20 Oktober. Saya kira ini mekanisme yang konstitusional," kata Mendagri Tjahjo Kumolo di KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Minggu (30/6/2019).


Tjahjo menilai pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2019 sudah berjalan sesuai dengan undang-undang. Pemerintah mengapresiasi pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu 2019 oleh lembaga-lembaga terkait.

"Pelaksanaan ini berjalan maksimal, apalagi secara kualitas tingkat pelaksananya lancar, partisipasi meningkat," kata Tjahjo.


Untuk agenda hari ini, yakni penetapan capres dan cawapres terpilih, Komisioner KPU Ilham Saputra telah mengatakan pihaknya akan membacakan berita acara dan surat keputusan (SK) presiden dan wakil presiden terpilih. Selanjutnya, kata dia, setelah dibacakan, SK akan diserahkan ke Jokowi-Ma'ruf, Bawaslu, Mahkamah Agung, dan Mahkamah Konstitusi.

Acara ini dihadiri banyak perwakilan partai politik, tentu saja Jokowi dan Ma'ruf juga hadir. Rencananya, acara akan selesai pada pukul 17.00 WIB.


Syukuran Jokowi-Ma'ruf, Relawan Bagikan 1.000 Tangkai Mawar di CFD:

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Mendagri soal Karhutla: Kepala Daerah Jangan Lindungi Korporasi yang Disanksi"
[Gambas:Video 20detik]

(ibh/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com