detikNews
Minggu 30 Juni 2019, 14:40 WIB

Paspampres Sterilkan KPU Jelang Penetepan Presiden Terpilih

Ibnu Hariyanto - detikNews
Paspampres Sterilkan KPU Jelang Penetepan Presiden Terpilih Paspampres mensterilkan KPU menjelang penetapan presiden-wapres terpilih. (Ibnu Harianto/detikcom)
Jakarta - Paspampres-Polri mensterilkan gedung KPU menjelang penetapan presiden-wakil presiden terpilih 2019. Orang yang tak berkepentingan diminta keluar.

Pantauan detikcom, proses sterilisasi gedung KPU Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, dilakukan mulai pukul 14.00 WIB, Minggu (30/6/2019). Sejumlah petugas memakai pakaian serba hitam serta beberapa orang berpakaian kemeja putih bertulisan 'Paspampres' berkeliling ke sekitar area gedung KPU.


Mereka mengecek setiap sudut gedung KPU dari dalam hingga luar. Tak begitu jelas apa saja yang dibawa petugas saat mensterilkan gedung KPU karena wartawan tak bisa mengikuti proses sterilisasi.

Paspampres Sterilkan KPU Jelang Penetepan Presiden TerpilihPaspampres mensterilkan KPU menjelang penetapan presiden-wapres terpilih. (Ibnu Harianto/detikcom)

Sementara itu, orang yang sebelumnya berada di dalam area KPU diminta keluar. Mereka menunggu dan berkumpul di depan pintu gerbang KPU.

"Ayo mau disteril dulu, tasnya boleh ditinggal, tapi semua keluar dulu," kata salah satu petugas.


Kemudian sekitar pukul 14.15 WIB, proses sterilisasi pun selesai. Pengunjung yang ingin masuk ke KPU harus melalui metal detector.

Petugas pun memeriksa setiap pengunjung yang ingin masuk ke KPU dengan ketat. Hanya orang memiliki kepentingan yang diperbolehkan masuk.

Penetapan presiden dan wakil presiden terpilih Pilpres 2019 akan dilakukan sore nanti sekitar pukul 15.30 WIB. Direncanakan, pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin akan hadir. Sedangkan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno disebut tidak akan hadir.

Puluhan ribu polisi juga disiapkan untuk mengamankan acara penetapan presiden dan wakil presiden terpilih Pilpres 2019. Polisi tak akan memperbolehkan sembarang orang masuk ke gedung KPU.


Suasana Pengamanan di KPU Jelang Penetapan Presiden Terpilih:



Simak Video "ILR: Caleg Gerindra Paling Banyak Divonis Pidana Pemilu 2019"
[Gambas:Video 20detik]

(ibh/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com