BBKSDA Riau Duga Macan Dahan Dikuliti Kejadian di Malaysia

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Minggu, 30 Jun 2019 12:15 WIB
Foto ilustrasi macan dahan (REUTERS/Michael Gordon)
Foto ilustrasi macan dahan (REUTERS/Michael Gordon)
Pekanbaru - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau tengah menelusuri berita viral macan dahan yang dikuliti. BBKSDA Riau menduga pengulitan itu terjadi di Malaysia.

"Info kawan dari Kalimantan, kejadiannya di Malaysia," kata Kepala Seksi Wilayah III BBKSDA Riau, Bintang Hutajulu, Minggu (30/6/2019).


Kejadian itu pun disesalkan BBKSDA Riau. Apalagi pengulitan satwa itu diunggah dan tersebar di media sosial.

"Saya tidak tega (melihat foto macan dahan dikuliti). Secara etika, hal seperti ini tidak bisa ditoleransi untuk dipertontonkan, baik langsung maupun melalui posting-an di medsos," ujar Kepala Seksi Wilayah I BBKSDA Riau, Hansen Siregar.

Pengulitan satwa tersebut jadi viral di media sosial lewat foto-foto yang dibagikan pemilik akun Facebook bernama Dewi Manjah pada Sabtu (29/6). Foto-foto tersebut tersebar di grup WhatsApp BBKSDA Riau.


Ada tiga foto yang diunggah pemilik akun tersebut. Pada foto pertama, terlihat dua orang dewasa ditambah satu anak-anak sedang memegang hewan tersebut. Hewannya berwarna cokelat dengan tutul hitam.

Pada foto-foto selanjutnya, satu di antara pria dewasa tersebut memamerkan satwa yang habis dikuliti. Kulit satwa itu terlihat sudah tidak menempel di badannya.

Simak Video "BBKSDA Riau Temukan 170 Jerat Satwa, Ini yang Terjadi Jika Tersentuh"
[Gambas:Video 20detik]
(tsa/gbr)