detikNews
Minggu 30 Juni 2019, 11:15 WIB

Andi Arief Sebut 2 Parpol Bakal Jadi Minoritas Terkucil, Ini Kata PKS

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Andi Arief Sebut 2 Parpol Bakal Jadi Minoritas Terkucil, Ini Kata PKS Foto: Mardani Ali Sera (dok. PKS)
Jakarta - Wasekjen Partai Demokrat (PD) Andi Arief menyebut akan ada 2 partai politik yang menjadi minoritas terkucil, bukan oposisi. PKS menanggapi Andi Arief.

"Jangan menyepelekan dukungan rakyat. Beroposisi dengan berani membela kepentingan rakyat sekecil apapun jumlah kursi di parlemen akan menjadi besar dengan dukungan rakyat," kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, Minggu (30/6/2019).


Mardani menyebut dukungan rakyat bisa membuat oposisi kuat. Menurutnya, oposisi bakal semakin kuat jika bisa membuktikan diri bersih dan cerdas.

"Lihat kisah cicak versus buaya. Mana ada cicak diprediksi menang. Tapi dengan dukungan rakyat cicak bisa mengalahkan buaya. Apalagi jika oposisi bisa membuktikan diri bersih dan cerdas," ucapnya.


Andi Arief sebelumnya memandang bakal ada partai minoritas di parlemen. Dia menduga ada dua alasan partai-partai di parlemen nanti jadi minoritas.

"Menurut saya, tidak ada oposisi, yang ada potensi menjadi minoritas di parlemen karena dua hal: pertama, tidak diajak bergabung. Kedua, diajak bergabung tapi menolak. Itulah kenyataan saat ini yang berbeda dengan 2014, di mana Jokowi-JK harus menarik Golkar dan PPP/PAN untuk mayoritas," ucap Andi Arief.

"Dalam demokrasi tidak selalu menjadi minoritas di parlemen adalah pilihan keren dan dianggap merepresentasikan aspirasi masyarakat. Dalam banyak pelajaran justru minoritas dalam parlemen masuk kategori kekuatan terkucil," imbuhnya.


Gabung atau Oposisi? PAN-Demokrat Masih Menimbang-nimbang:



Simak Video "Prabowo Sudah Bertemu PKS Sebelum Sowan ke Parpol Koalisi Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]

(gbr/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com