BBKSDA Riau: Hewan yang Dikuliti dalam Foto Viral Adalah Macan Dahan

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Minggu, 30 Jun 2019 10:46 WIB
Foto ilustrasi macan dahan (REUTERS/Michael Gordon)
Pekanbaru - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau menanggapi berita viral yang memperlihatkan sejumlah warga menguliti hewan. Kepala Seksi Wilayah I BBKSDA Riau, Hansen Siregar, menyatakan satwa yang tampak dikuliti itu merupakan jenis macan dahan (Neofelis nebulosa).

"Iya itu (foto) macan dahan," kata Hansen saat dimintai konfirmasi, Minggu (30/6/2019).


Pengulitan satwa tersebut jadi viral di media sosial lewat foto-foto yang dibagikan pemilik akun Facebook bernama Dewi Manjah pada Sabtu (29/6/2019). Foto-foto tersebut tersebar di grup WhatsApp BBKSDA Riau.

Ada tiga foto yang diunggah pemilik akun tersebut. Pada foto pertama, terlihat dua orang dewasa ditambah satu anak-anak sedang memegang hewan tersebut. Hewannya berwarna cokelat dengan tutul hitam.


Pada foto kedua, satu di antara pria dewasa tersebut memamerkan satwa yang habis dikuliti. Kulit satwa itu terlihat sudah tidak menempel di badannya.

Namun saat ini belum dapat dipastikan lokasi kejadian tersebut. Meskipun demikian, BBKSA Riau yakin KLHK akan menelusuri kasus ini.

"Belum tahu (lokasi menguliti satwa). Tapi saya yakin tim siber KLHK sudah mengendus kasus ini. Namun, belum mendapat lokasi dan pelaku yang tepat A1," ujar Hansen.

Simak Video "Pelaku Diduga Aniaya Satwa Langka Simpai di Sumbar Ditangkap!"
[Gambas:Video 20detik]
(tsa/dnu)