detikNews
Sabtu 29 Juni 2019, 15:43 WIB

Selesai Ikuti Rangkaian KTT G20 di Jepang, Jokowi Kembali ke Tanah Air

Ray Jordan - detikNews
Selesai Ikuti Rangkaian KTT G20 di Jepang, Jokowi Kembali ke Tanah Air Jokowi saat KTT G20 (Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah selesai mengikuti sejumlah rangkaian pada hari kedua KTT G20 di Osaka, Jepang. Selanjutnya Jokowi langsung bertolak kembali ke Tanah Air.

Setelah melakukan serangkaian kegiatan G20 dan pertemuan bilateral dengan negara sahabat, Jokowi dan Ibu Negara Iriana langsung bertolak ke Kansai International Airport (KIX) Osaka, Jepang, Sabtu (29/6/2019). Sekitar pukul 15.10 waktu setempat, pesawat kepresidenan Indonesia-1 lepas landas menuju Indonesia.



Sebelumnya, pada hari kedua KTT G20 Osaka, Jokowi mengikuti sejumlah pertemuan dengan pemimpin dunia di G20. Kegiatan diawali dengan melakukan pertemuan bilateral dengan Bank Dunia (World Bank). Pertemuan ini berlangsung di The New Otani Hotel, Osaka, Jepang.

Selanjutnya, Jokowi menuju arena G20 di INTEX Osaka. Kegiatan pertama di lokasi tersebut diisi dengan pertemuan bilateral dengan PM India Narendra Modi.



Dalam pertemuan tersebut, keduanya saling mengucapkan selamat atas terpilihnya mereka berdua, baik Jokowi sebagai Presiden RI untuk periode kedua maupun Narendra Modi sebagai PM India untuk kedua kalinya.

"Selamat atas pelaksanaan pemilihan presiden di negara Anda. Saya berharap yang terbaik untuk negara Anda," kata Narendra Modi kepada Jokowi.



Selanjutnya, Jokowi mengikuti pertemuan khusus negara G20. Isu yang dibahas bertemakan 'Women's Empowerment'.

Sesaat sebelum pertemuan tersebut, Jokowi tampak asyik berbincang dengan putri Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, yakni Ivanka Trump. Bahkan keduanya sesekali terlihat tertawa lepas. Tak hanya dengan Ivanka, Jokowi juga berbincang dengan Donald Trump dan Presiden Prancis Emmanuel Macron.



Kegiatan di arena KTT G20 masih berlanjut. Jokowi selanjutnya mengikuti pertemuan G20 sesi ketiga. Isu yang dibahas adalah 'Addressing Inequalities and Realizing an Inclusive and Sustainable World'. Jokowi juga menjalani sesi keempat KTT G20, yakni Working Lunch dengan tema 'Climate Change, Environment and Energy'.

Seterusnya, Jokowi melanjutkan melakukan pertemuan bilateral dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman. Setelah selesai, Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan dengan PM Australia Scott Morrison dan ditutup pertemuan bilateral dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Pada hari sebelumnya, Jokowi juga melakukan pertemuan bilateral dengan negara sahabat, yakni dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Presiden China Xi Jinping.

Jokowi dan Iriana juga sempat mengikuti jamuan makan malam yang diadakan PM Jepang Shinzo Abe sebagai tuan rumah. Dalam kegiatan makan malam itu, Jokowi dan Iriana juga terlihat akrab berbincang dengan para pemimpin negara G20.


Simak Juga "Jokowi Harapkan Pertemuan AS-China Redakan Perang Dagang":

[Gambas:Video 20detik]


Selesai Ikuti Rangkaian KTT G20 di Jepang, Jokowi Kembali ke Tanah Air


Simak Video "30 Ribu Personel TNI-Polri Siap Amankan Pelantikan Jokowi-Ma'ruf"
[Gambas:Video 20detik]

(jor/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com