detikNews
Sabtu 29 Juni 2019, 13:33 WIB

Laporan Dari Osaka

Bertemu Putra Mahkota, Jokowi Dukung Saudi Jadi Tuan Rumah KTT G20 2020

Ray Jordan - detikNews
Bertemu Putra Mahkota, Jokowi Dukung Saudi Jadi Tuan Rumah KTT G20 2020 Foto: Presiden Jokowi menggelar pertemuan bilateral dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad Bin Salman. (Jordan-detikcom)
Osaka - Di sela agenda KTT G20 hari kedua, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan bilateral dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad Bin Salman. Jokowi menegaskan dukungannya kepada Arab Saudi yang akan menjadi ruan rumah KTT G20 di tahun 2020.

Pertemuan bilateral tersebut berlangsung di ruang meeting Gedung INTEX Osaka, Jepang, Sabtu (29/6/2019). Indonesia bertindak sebagai penggagas pertemuan.

"Tahun depan Arab Saudi akan menjadi tuan rumah KTT G20, menjadi Ketua G20 dan Indonesia memberikan dukungan penuh kepada Arab Saudi memimpin G20," kata Jokowi.


Selain itu, Jokowi juga menyampaikan mengenai pembentukan Dewan Konsultasi Tingkat Tinggi. Dikatakan Jokowi, menteri luar negeri kedua negara sudah berbincang mengenai rencana tersebut di sela pertemuan OKI di Jeddah pada Mei 2019 lalu.

"Saya berharap peresmian Dewan Konsultasi Tingkat Tinggi ini bisa bersamaan dengan kunjungan yang mulia ke Indonesia," ujarnya.


Dalam pertemuan itu, Mohammad Bin Salman menyampaikan terima kasih dan rasa senangnya bisa bertemu dengan Jokowi.

Turut hadir mendampingi Jokowi dalam pertemuan itu yakni Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Kepala BKPM Thomas Lembong.



Tonton Video Jokowi Harapkan Pertemuan AS-Tiongkok Redakan Perang Dagang:

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Hadiri KTT G20, Jokowi Angkat Isu Pemberdayaan Perempuan"
[Gambas:Video 20detik]

(jor/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com