detikNews
Jumat 28 Juni 2019, 21:53 WIB

Hukuman Lucas Jadi 5 Tahun Penjara di Kasus Perintangan Eddy Sindoro

Faiq Hidayat - detikNews
Hukuman Lucas Jadi 5 Tahun Penjara di Kasus Perintangan Eddy Sindoro Lucas (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Pengadilan Tinggi DKI Jakarta menerima permohonan banding yang diajukan Lucas dan jaksa KPK. Atas permohonan itu, hukuman pengacara Lucas 'disunat' menjadi 5 tahun penjara dan denda Rp 600 juta subsider 6 bulan kurungan.

"Mengubah putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Nomor 90 /Pid.Sus / TPK / 2018 / PN Jkt.Pst, tanggal 20 Maret 2019, sekadar mengenai lamanya pidana yang dijatuhkan kepada Terdakwa," demikian kutipan amar putusan banding yang dilihat detikcom di situs MA, Jumat (28/6/2019).

Sidang banding tersebut dipimpin oleh hakim ketua Daniel Dalle Pairunan serta hakim anggota I Nyoman Adi Juliasa, Achmad Yusak, Reny Halida Ilham Malik, dan Lafat Akbar. Sidang tersebut diputuskan pada Rabu (26/6).

Lucas terbukti bersalah merintangi penyidikan KPK. Lucas disebut sebagai orang yang menyarankan Eddy Sindoro agar tidak kembali ke Indonesia.

Lucas dan Eddy Sindoro sama-sama sudah divonis hukuman penjara dalam perkara yang berbeda. Namun hakim tidak sependapat dengan lamanya hukuman Lucas di tingkat pertama oleh Pengadilan Tipikor Jakarta karena tidak adil. Dalam pertimbangan, hakim berpendapat agar tidak terjadi disparitas yang tinggi, hukuman yang dijatuhkan Eddy Sindoro (pleger) dan Lucas (medepleger) harus berbeda.

"Menimbang bahwa antara pleger dan medepleger harus mendapatkan keadilan yang tidak terlalu jauh berbeda," papar hakim.

Hakim juga memerintahkan jaksa KPK agar membuka rekening yang diblokir milik Lucas dari Bank BCA hingga Panin.


Lucas sebelumnya divonis 7 tahun penjara dan denda Rp 600 juta subsider 6 bulan kurungan penjara. Lucas terbukti bersalah membantu mantan Presiden Komisaris Lippo Group Eddy Sindoro dan merintangi penyidikan KPK atas kasus 'dagang perkara' Eddy Sindoro.

Lucas terbukti melanggar Pasal 21 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1.

Simak Video "Lucu Banget! Momen Singa Laut Sapa Turis di Atas Kapal"
[Gambas:Video 20detik]

(fai/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com