Ini yang akan Dibahas Koalisi Pro-Prabowo di Kertanegara

Indra Komara - detikNews
Jumat, 28 Jun 2019 17:38 WIB
Prabowo-Sandiaga dan Koalisi (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Prabowo Subianto mengumpulkan petinggi parpol koalisinya di kediamannya di Kertanegara, Jakarta Selatan. Poin utama yang dibahas dalam pertemuan itu adalah nasib koalisi.

"Jadi pertemuan hari ini adalah pertemuan partai Koalisi Adil Makmur pengusung pasangan Prabowo-Sandi. Seperti yang disampaikan oleh Pak Prabowo kemarin malam, dalam pidato beliau menanggapi putusan Mahkamah Konstitusi, beliau akan segera mengumpulkan partai koalisi untuk menentukan langkah lebih lanjut," kata Sekjen Partai Demokrat Hinca Pandjaitan di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (28/6/2019).


Hinca mengatakan Prabowo juga akan menyampaikan terima kasihnya kepada parpol koalisi yang mengusungnya di Pilpres 2019. Termasuk kepada Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga yang juga telah bekerja keras memenangkannya.

"Kemudian beliau juga akan menyampaikan perkembangan-perkembangan politik terakhir kepada partai koalisi dan tentu saja nanti beliau akan menyerahkan sepenuhnya kepada pimpinan partai koalisi untuk menentukan langkah lebih lanjut tentang apa dan bagaimana langkah politik berikutnya yang diambil oleh partai-partai tersebut," ujarnya.

Hal senada disampaikan Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani. Muzani mengatakan dalam rapat ini Prabowo akan menyampaikan hasil bahasan dengan tim hukum pascaputusan MK. Termasuk mengucapkan terima kasih kepada parpol karena telah berjuang bersama selama Pemilu 2019.

"Hari ini mengundang seluruh pimpinan partai koalisi dan BPN untuk pertama tentu saja beliau ingin mengucapkan terimakasih secara langsung sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden Kepada seluruh pimpinan partai koalisi Adil makmur. Juga termasuk dengan Badan Pemenangan Nasional pasangan Prabowo-Sandi yang dengan sungguh-sungguh bekerja keras selama proses berlangsungnya pemilihan presiden," tutur Muzani.

Sementara itu, Sekjen PAN Eddy Soeparno mengatakan, dalam pertemuan ini, akan diputuskan langkah selanjutnya Koalisi Indonesia Adil Makmur. Apakah akan dilanjutkan atau dibubarkan.

"Saya belum tahu apakah pembubaran atau tidak. Tetapi yang jelas kemarin ketika kita masih menunggu hasil dari putusan MK, ada pembahasan mengenai kelanjutan dari koalisi. Tentu opsinya hanya dua kita melanjutkan atau kita berjalan sendiri sendiri," kata Eddy.

"Apa pun opsi yang akan ditempuh, saya kira akan kita bahas pada sore hari ini. Jika hasilnya kita bersama-sama, kita nanti akan membangun sebuah agenda bersama-sama ke depannya. Tapi kalau nanti diputuskan bagi partai-partai koalisi untuk jalan sendiri-sendiri saya kira itu bukan berakhir kerja sama di antara partai-partai yang mengusung Pak Prabowo dan Pak Sandi," lanjut dia.


Dalam pertemuan ini, hadir petinggi parpol koalisi dari PAN, PKS, Gerindra, Demokrat, dan Berkarya. Dari PAN diwakili Amien Rais dan Eddy Soeparno, dari PKS ada Presiden PKS Sohibul Iman, dan Sekjen PKS Mustafa Kamal. Demokrat diwakili Hinca. Sementara Berkarya diwakili Titiek Soeharto dan Sekjen Berkarya Priyo Budi Santoso.


Prabowo Diharapkan Konsisten Terima Putusan MK:



Simak Video "Prabowo Mau Beli Jet Tempur Bekas Austria, ICW: Pemborosan!"
[Gambas:Video 20detik]
(idn/mae)