Ini Alasan Wagub Sulsel Setop Acara Musik di Kafe karena Tidur Siang

Reinhard Soplantila - detikNews
Jumat, 28 Jun 2019 15:19 WIB
Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman (Foto: Reinhard/detikcom)
Makassar - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman angkat bicara terkait penghentian acara musik yang disebut mengganggu waktu tidur siangnya. Sudirman mengaku berada di rumah jabatan (rujab)-nya pada saat itu karena tengah sakit.

"Saya memang agak sakit makanya di rujab. Tapi warga memang sekitar juga sudah kumpul di pos," ujar Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman saat dimintai konfirmasi detikcom, pada Jumat (28/6/2019).

Kegiatan bertema pelatihan musik dan dialog anak muda yang digelar di salah satu kafe di Jalan Yusuf Daeng Ngawing, memang berada di sekitar kawasan Rumah Jabatan Wakil Gubernur Sulsel, pada Kamis (27/6) kemarin.


Kegiatan tersebut terpaksa dihentikan oleh pihak Pemerintah Provinsi Sulsel bersama polsek setempat karena tidak mempunyai izin dan mendapatkan banyak laporan masyarakat. Kawasan itu disebut daerah pendidikan dan religi.

"Anggota kemarin yang hentikan bersama polsek juga karena tidak ada izin juga mengganggu warga sekitar banyak aduan. Daerah permukiman, pendidikan, dan dekat masjid serta rujab kami juga kalau kegiatan terganggu serta ada anak kecil juga," jelas Sudirman.

Lanjut Sudirman, kegiatan musik yang digelar tersebut juga mengganggu komunikasi dengan tamu pemerintah.

"Kami juga di rujab terlalu dekat untuk kegiatan menerima tamu, alasan keamanan karena komunikasi terganggu," sambungnya.

Sebelumnya, sebuah acara musik bertema coaching clinic yang disenggarakan anak muda Makassar dihentikan. Panitia mengaku dipaksa menghentikan acara karena disebut mengganggu tidur siang Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Peristiwa yang kini ramai dibahas di Makassar ini berlangsung di sebuah Cafe Red Corner, Kamis (28/6) kemarin, sekitar pukul 14.00 Wita. Acara itu bertajuk 'Makassar Millennial Sound' yang isinya coaching clinic musik dan diskusi entrepreneur dengan kelompok milenial.

"Acara kami dihentikan karena mengganggu wakil gubernur tidur siang," kata penanggung jawab acara ini, Rijal Jamal, kepada wartawan di Makassar.


Tidak hanya itu, Rijal mengaku langsung dihadapkan dengan pihak kepolisian dan kelurahan setempat. Dia bersama manajemen Red Corner selaku pemilik kafe diminta tidak lagi menyelenggarakan acara yang mengandung unsur musik.

"Padahal kita ini kan anak muda yang bekerja di industri kreatif musik dan digital. Saya mau sampaikan ini ada nilai ekonomi kreatifnya, ini industri kreatif," sebutnya.

Perlu diketahui, Cafe Red Corner berada di Jalan Yusuf dg Ngawing dan rumah jabatan Wagub berada di jalan yang sama, hanya berjarak sekitar 100 meter.



Simak Juga "BCL hingga Armada Bius Penonton 'Konser Musik Spesial' di TSM Cibubur"

[Gambas:Video 20detik]


Ini Alasan Wagub Sulsel Setop Acara Musik di Kafe karena Tidur Siang


Simak Video "Momen Ganjar Diteriaki 'Calon Presiden' Saat Tiba di Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(rvk/rvk)