Laporan dari Osaka

Bertemu Bilateral, Presiden Korsel Ucapkan Selamat ke Jokowi Menang Pilpres

Ray Jordan - detikNews
Jumat, 28 Jun 2019 14:37 WIB
Foto: Jokowi dan Ma'ruf Amin. (Andhika Prasetia/detikcom)
Osaka - Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk pertemuan bilateral. Moon Jae-in mengucapkan selamat kepada Jokowi yang berhasil terpilih kembali sebagai Presiden RI untuk kedua kalinya.

Pertemuan bilateral itu berlangsung di Gedung INTEX Osaka, Jepang, Jumat (28/6/2019). Presiden Korsel yang mengundang Indonesia untuk pertemuan tersebut.

"Teman saya yang sangat berarti Pak Jokowi, sekali lagi saya mengucapkan selamat atas kemenangan dan dipilih kembali sebagai Presiden Repulik Indonesia pada Pilpres bulan April lalu," kata Moon Jae-in membuka pertemuan.


Tak hanya ucapan menang pilpres, Moon Jae-in juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada Jokowi yang jatuh pada 21 Juni lalu. "Serta selamat ulang tahun beberapa hari yang lalu," katanya Moon tersenyum.

Mendapat ucapan tersebut, Jokowi membalas dengan ucapan terima kasih. Jokowi mengaku senang dengan pertemuan tersebut.

"Terima kasih. Saya senang dapat bertemu kembali dengan Yang Mulia, dan terima kasih atas ucapan selamat dari Yang Mulia kepada saya, baik mengenai pemilu maupun yang ulang tahun," ujar Jokowi.

Jokowi juga sempat menyinggung soal hasil KTT ASEAN ke-34 yang berlansung di Bangkok, Thailand pada 22-23 Juni lalu. Di mana, konsep dari ASEAN Outlook On The Indo Pacific yang disepakati ASEAN merupakan usulan dari Indonesia.

"Dalam pertemuan ini saya akan menyampaikan beberapa hal, di antaranya mengenai ASEAN Outlook On The Indo Pacific. Para pemimpin ASEAN pada 24 Juni 2019 telah mengadopsi ASEAN Outlook On The Indo Pacific," katanya.


Selanjutnya pertemuan bilateral tersebut berlangsung tertutup dari awak media. Hadir mendampingi Jokowi yakni Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.




Simak Juga 'Pilpres 2019 Sudah Final, Saatnya Jokowi-Prabowo Berangkulan':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Kapolri Minta Polisi Humanis Sikapi Warga Beraspirasi saat Kunker Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(jor/idh)