TKN: Jokowi akan Lebih Intensif Rekonsiliasi dengan Prabowo Usai KTT G20

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jumat, 28 Jun 2019 07:28 WIB
Jokowi dan Prabowo (Foto: Pradita Utama)
Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) mengatakan capres Joko Widodo (Jokowi) bakal intensif melakukan rekonsiliasi dengan Prabowo Subianto setelah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Jokowi dan Prabowo disebut mempunyai visi yang sama untuk pembangunan Indonesia.

"Saya kira sepulang Pak Jokowi dari pertemuan G20 ikhtiar ke arah sana akan lebih diintensifkan," kata Wakil Ketua TKN Arsul Sani kepada wartawan, Kamis (27/6/2019). Arsul menjawab pertanyaan terkait rencana rekonsiliasi dan pertemuan Jokowi-Prabowo.



Arsul juga tak menutup kemungkinan wacana koalisi akan menjadi bahasan Jokowi dan Prabowo jika keduanya bertemu. Namun, menurut Arsul, yang lebih penting adalah berbagi pandangan mengenai isu kebangsaan.

"Saya kira kalau kedua beliau bertemu maka soal koalisi itu hanya bagian kecil saja, sedang baguan besarnya ya bagaimana sharing visi dan misi bisa dilakukan," ujar dia.



Arsul kemudian mengomentari soal pidato politik Jokowi dan Prabowo setelah putusan MK. Meskipun keduanya sama-sama bicara soal kepentingan bangsa namun menurut Arsul itu tak serta merta menunjukkan sinyal untuk membangun koalisi bersama.

"Sebagai pemimpin bangsa, sesungguhnya kedua beliau punya mimpi yang sama, yakni membangun Indonesia menuju negara yang maju, adil dan makmur. Yang membedakan kan hanya pendekatan yang akan ditempuhnya saja. Jadi kalau dalam menyikapi putusan MK ini ada tone-tone yang sama maka ya bukan karena aspek pragmatisme politik seperti soal berkoalisi dalam pemerintahan, tapi lebih karena visi besar mereka," tuturnya.



Jokowi sebelumnya menyatakan memiliki kesamaan visi dengan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Jokowi juga meyakini keduanya memiliki sikap negarawan.

"Saya meyakini kebesaran hati dan kenegarawanan sahabat baik saya, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno," kata Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (27/6/2019).

Sedangkan Prabowo menyatakan kepada para pendukungnya bahwa dia masih akan terus memperjuangkan cita-cita yang selama ini dia perjuangkan. Bisa melalui forum legislatif maupun forum lainnya.

"Kami yakin bahwa kami tidak akan berhenti memperjuangkan cita-cita tersebut. Kita masih bisa berjuang di legislatif, bisa berjuang di banyak forum lain," ujar Prabowo dalam konferensi pers yang digelar di Rumah Kertanegara, Jaksel, Kamis (27/6/2019).



Simak Juga 'Jokowi Yakin Prabowo Punya Kebesaran Hati demi Membangun Negeri':

[Gambas:Video 20detik]




Simak Video "Prabowo Lanjutkan Pembentukan Komponen Cadangan Tahun Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(knv/abw)