Polri: Aksi Sidang Putusan MK Tertib, Terima Kasih Telah Dewasa Berdemokrasi

Audrey Santoso - detikNews
Kamis, 27 Jun 2019 21:50 WIB
Massa aksi kawal MK bubar. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Polri memuji jalannya unjuk rasa kawal sidang putusan PHPU yang berjalan tertib di sekitar gedung Mahkamah Konstitusi (MK). Polri mengatakan situasi keamanan secara umum kondusif, meski terjadi kemacetan di beberapa ruas jalan.

"Secara umum (situasi) relatif aman, tidak ada kejadian yang menonjol. Ada kemacetan dalam beberapa ruas jalan, tapi bisa dikelola dengan baik. Kemacetan itu situasional pada saat berkumpulnya massa dan pada saat kembalinya," ucap Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2019).

Iqbal menuturkan sikap massa yang membubarkan diri sebelum pukul 18.00 WIB adalah cermin saling menghargai dan kedewasaan berdemokrasi.

"Massa sebelum 18.00 WIB sudah kembali dengan tertib, damai, bahkan berkomunikasi dengan baik dengan aparat TNI-Polri. Untuk ini, kami aparat mengucapkan terima kasih banyak kepada masyarakat yang tadi melakukan unjuk rasa, kepada para korlap," ujar Iqbal.

"Karena dalam aksi unjuk rasa ini mereka bisa menunjukkan sikap-sikap yang tertib saling menghargai dan kedewasaan dalam berdemokrasi," sambung dia.

Massa aksi kawal sidang putusan MK membubarkan diri sebelum waktu batas demonstrasi habis. Pantauan detikcom pukul 17.12 WIB, Kamis (27/6/2019), massa yang bubar menyebar ke Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan MH Thamrin, dan Jalan Budi Kemuliaan.

Di sekitar lokasi, terlihat beberapa polisi sedang mengatur lalu lintas. Namun, karena volume kendaraan yang tinggi dan bubarnya pendemo, jalan Budi Kemuliaan jadi macet.

Laju kendaraan roda empat beberapa kali terhenti. Sedangkan roda dua harus salip kanan-kiri dan memperlambat kecepatan.

Seperti diketahui, massa demonstran membubarkan diri sekitar pukul 17.00 WIB. Mereka berjanji membubarkan diri dengan damai.


MK Tolak Gugatan Prabowo-Sandi! Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Tim Prabowo Baca Surat An-Nisa Ayat 135 di Penutupan Sidang"
[Gambas:Video 20detik]
(aud/idn)