detikNews
Kamis 27 Juni 2019, 15:13 WIB

Sidang Putusan Pilpres

MK: Saksi 02 Tuding Bupati Karanganyar, tapi Tak Ada di Dalil

Zunita Putri, Dwi Andayani - detikNews
MK: Saksi 02 Tuding Bupati Karanganyar, tapi Tak Ada di Dalil Sidang Putusan MK (Antara Foto/Hafidz Mubarak)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) menyinggung soal keterangan salah satu saksi yang dihadirkan tim hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno atas nama Tri Hartanto. Saksi itu menuding tentang deklarasi dukungan dari Bupati Karanganyar untuk Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin.

"Saksi pemohon yang bernama Tri Hartanto pada intinya menerangkan adanya deklarasi Bupati Karanganyar untuk paslon 01," kata hakim konstitusi Wahiduddin Adams dalam sidang sengketa Pilpres 2019 di gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2019).

Namun kesaksian Tri itu rupanya tidak ada di dalam permohonan tim hukum 02. Setelah dicek lebih jauh, MK menemukan Bupati Karanganyar termasuk 31 kepala daerah yang melakukan deklarasi bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.



"Namun setelah Mahkamah memeriksa dalil-dalil pemohon, ternyata tidak ditemukan adanya dalil yang mengaitkan secara khusus dengan Bupati Karanganyar, juga tidak ditemukan dalam permohonan pemohon maupun keterangan pemohon dalam persidangan apakah pernyataan deklarasi mendukung paslon 01 oleh Bupati Karanganyar tersebut telah dilaporkan pada Bawaslu atau tidak," ucap Wahiduddin.

Perihal itu pun Wahiduddin menyatakan Bawaslu sudah mengambil tindakan. Dari bukti yang diajukan, Bawaslu disebut Wahiduddin menyatakan apa yang dilakukan Ganjar dan 31 kepala daerah itu adalah pelanggaran aturan netralitas PNS tapi bukan pelanggaran aturan kampanye.



Tonton video MK Tolak Eksepsi KPU-Tim Jokowi yang Protes Berkas Baru Prabowo:

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Lalin Depan MK Lancar Jelang Sidang Sengketa Pilpres"
[Gambas:Video 20detik]

(dhn/fdn)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com