detikNews
Kamis 27 Juni 2019, 10:14 WIB

Tim Hukum Jokowi Yakin MK Tolak Gugatan Prabowo Secara Bulat

Zunita Putri - detikNews
Tim Hukum Jokowi Yakin MK Tolak Gugatan Prabowo Secara Bulat Foto: Anggota tim hukum Jokowi, I Wayan Sudirta (Zunita-detikcom)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Jakarta - Tim hukum Jokowi -Ma'ruf Amin siap menghadapi putusan sidang sengketa pilpres 2019. Tim hukum 01 ini yakin hakim akan menolak permohonan gugatan Prabowo Subianto-Sandiaga secara bulat tanpa dissenting opinion.

Pantauan detikcom, beberapa tim hukum Jokowi-Ma'ruf seperti I Wayan Sudirta dan Taufik Basari, telah tiba pukul 09.50 WIB di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2019). Anggota hukum Jokowi, I Wayan Sudirta mengaku optimis hakim MK akan menolak permohonan tim hukum Prabowo.

"Yakin ditolak, setidak-tidaknya tidak dapat diterima," ujar Wayan.



Dia juga mengatakan kemungkinan putusan ini tidak akan diwarnai oleh dissenting opinion (perbedaan pendapat) dari para hakim. Alasannya, menurut Wayan semua pernyataan saksi fakta dan ahli dari tim hukum Prabowo tidak dapat membuktikan seluruh tuduhan yang dilayangkan Prabowo kepada penyelenggara pemilu dan paslon 01.

"Saya tidak melihat tanda-tandanya (dissenting opinion) ya walaupun itu haknya beliau (hakim). Dari mana dissenting itu bisa muncul, walaupun itu berhak, kalaupun ada dissenting, pasti sangat lemah. Dan yang membuat dissenting itu harus memikirkan besok sejarah akan mencatatat dengan baik. Bagaimana dissenting dibuat, kalau alat bukti yang buat keyakinan seperti itu tidak ditunjang," jelasnya.



Menurut Wayan, keterangan saksi ahli atau fakta yang dihadirkan tim Prabowo tidak memperkuat gugatannya. Justru, kata Wayan, keterangan saksi dari tim Prabowo itu malah membuat semakin kacau permohonan itu.

Sidang putusan sengketa pilpres akan digelar pukul 12.30 WIB. Tim hukum Prabowo-Sandiaga dalam permohonan gugatan hasil Pilpres 2019 meminta MK mendiskualifikasi capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin. Prabowo-Sandiaga dalam petitumnya memohon ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2019.



Tonton video BPN: Menang-Kalah, Prabowo Akan Akui Legalitas Putusan MK:

[Gambas:Video 20detik]


(zap/rvk)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com