detikNews
Kamis 27 Juni 2019, 08:52 WIB

PAN Minta Prabowo Bertemu dengan Partai Koalisi Pascaputusan MK

Lisye Sri Rahayu - detikNews
PAN Minta Prabowo Bertemu dengan Partai Koalisi Pascaputusan MK
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Jakarta - PAN mengusulkan agar Prabowo Subianto bertemu dengan partai-partai Koalisi Adil Makmur seusai pembacaan putusan gugatan Pilpres 2019 Mahkamah Konstitusi (MK). Menurut PAN, apa pun keputusan Prabowo pascaputusan MK harus dibicarakan dengan semua partai koalisi.

"Prabowo diminta untuk berbicara dengan partai-partai koalisi terkait dengan langkah-langkah yang akan diambil pascapembacaan keputusan MK," ujar Wasekjen PAN Saleh Daulay dalam keterangan tertulis, Kamis (27/6/2019).


Saleh mengatakan pertemuan itu penting dilakukan sebagai bagian dari etika politik. Dia menyebut apa pun pilihan tiap parpol mesti didiskusikan.

"Kalau ada evaluasi bersama, kan bisa juga nanti ada pikiran untuk jalan bersama selama periode ini. Ada banyak pilihan, termasuk pilihan untuk menjadi oposisi konstruktif. Bahkan, bagi yang mau, bisa saja bergabung. Itu hak masing-masing. Yang penting adalah hubungan lintas partai ini tetap terjalin dengan baik," ucapnya.

Menurut Saleh, setelah sidang putusan MK merupakan waktu yang tepat bagi partai di Koalisi Adil Makmur untuk bertatap muka. Oleh sebab itu, pertemuan itu diharapkan akan mengurangi tensi politik yang terjadi akhir-akhir ini.

"Tentu sangat baik jika sekarang juga dilakukan. Itu juga diyakini dapat mengurangi tensi dan dinamika politik yang telah terjadi selama kurun waktu proses pilpres dan pileg yang lalu," tegas Saleh.




Tonton video Momen-momen Penting di MK Sebelum Pembacaan Putusan:

[Gambas:Video 20detik]


(lir/tsa)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com