Besok Putusan MK, Wiranto: Masyarakat Tak Usah Khawatir, Aparat Berjaga

Adhi Indra Prasetya - detikNews
Rabu, 26 Jun 2019 19:49 WIB
Menko Polhukam Wiranto (Adhi Indra Prasetya/detikcom)
Jakarta - Kamis, 27 Juni, besok akan berlangsung sidang putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa hasil Pilpres 2019. Menko Polhukam Wiranto menegaskan masyarakat tidak perlu khawatir karena aparat TNI-Polri akan melakukan penjagaan maksimal.

"Nggak usah khawatir, aparat keamanan sudah berjaga-jaga, kesiapannya prima, jangan bikin gelisah masyarakat, masyarakat diminta tenang, nggak usah khawatir," kata Wiranto di kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (26/6/2019).

Wiranto mengatakan Polri sudah menegaskan melarang massa melakukan aksi di sekitar MK. Jika ada aksi tanpa izin, itu berarti aksi liar dan dapat dibubarkan polisi.


"Selama nggak di sekitar MK, demonstrasi ada izin, nggak ada masalah. Nggak ada izin, berarti demonstrasi liar, polisi nanti minta dibubarkan, kan gitu," katanya.

Wiranto mengatakan masyarakat diminta tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa. Apalagi kedua kubu baik Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin serta Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sudah meminta agar para pendukungnya tidak melakukan aksi.


"Besok insyaallah akan berjalan aman tertib. Karena apa? Karena kedua pimpinan yang berkontes sudah menyatakan siap menerima apa pun keputusan Mahkamah Konstitusi," ujarnya.

Polda Metro Jaya sendiri telah meningkatkan pengamanan menjelang sidang putusan gugatan Pilpres 2019 di MK, Kamis (27/6) besok. Total ada 47 ribu personel gabungan yang akan mengamankan jalannya persidangan.

Fokus pengamanan aparat polisi tidak hanya pada kegiatan persidangan. Perangkat persidangan, seperti hakim dan pihak-pihak yang berkepentingan, juga akan diamankan oleh polisi.

Simak Video "Usai Divonis, Kivlan Zen: Saya Maafkan Wiranto"
[Gambas:Video 20detik]
(hri/fdn)