detikNews
Rabu 26 Juni 2019, 19:26 WIB

5 Fakta Ustaz Felix Siauw yang Berceramah di Balai Kota DKI

Virgina Maulita Putri - detikNews
5 Fakta Ustaz Felix Siauw yang Berceramah di Balai Kota DKI 5 Fakta Ustaz Felix Siauw yang Berceramah di Balai Kota DKI/Foto: Ustaz Felix Siauw usai ceramah di Masjid Balai Kota DKI (Arief/detikcom)
Jakarta - Ustaz Felix Siauw hari ini menjadi pembicaraan karena mengisi ceramah di Masjid Balai Kota DKI. Meski sempat ada kabar tersebut sempat dibatalkan, ternyata Felix tetap berceramah di masjid yang bernama Masjid Fatahillah Balai Kota ini.

Felix dikenal oleh masyarakat sebagai mualaf dan menjadi penceramah yang populer di media sosial. Berikut adalah profil singkat dari Ustaz Felix Siauw.



1. Latar Belakang Keluarga

Felix Yanwar Siauw atau yang lebih dikenal dengan panggilan Ustaz Felix Siauw merupakan seorang pendakwah beretnis Tionghoa-Indonesia yang memulai karirnya setelah ia memeluk agama Islam.

Pria kelahiran Palembang, 31 Januari 1984 ini tumbuh besar di keluarga Katolik. Lahir dan besar di Palembang, tetangga di lingkungan sekitarnya pun 95% merupakan non-muslim.

2. Pendidikan

Felix sebelumnya pernah mengenyam pendidikan di SMA Katolik Xaverius 1 di Palembang. Ia kemudian melanjutkan studinya di Institut Pertanian Bogor (IPB). Saat masa studinya di IPB-lah, Felix mulai mempelajari agama Islam.

3. Mualaf

Pada tahun 2002 atau saat ia berusia 18 tahun, Felix memutuskan untuk memeluk agama Islam dan menjadi mualaf. Walaupun orangtuanya tidak memeluk agama Islam, keduanya mendukung keputusan Felix.

4. Kehidupan Berkeluarga

Saat berada di IPB-lah Felix menemukan pasangan hidupnya, Lin. Pada tahun 2006 keduanya menikah dan kini mereka dikaruniai empat anak yang bernama Shifr Muhammad Al-Fatih 1453, Ghozi Muhammad Al-Fatih 1453, Alila Shaffiya asy-Syarifah, dan Aia Shaffiya asy-Syarifah.

Setelah menikah Felix merasakan hidupnya menjadi lebih sulit. Ia pun sempat bekerja sebagai penjual emas.



5. Karir Sebagai Pendakwah

Felix dikenal masyarakat luas sebagai pendakwah. Ia bahkan pernah diundang berdakwah ke luar negeri.

Felix tidak hanya menyiarkan dakwahnya secara tatap muka dengan publik. Ia juga sering menyebarkan dakwahnya lewat media sosial untuk jutaan pengikutnya. Saat ini ia telah memiliki lebih dari 3,9 juta pengikut di Instagram dan lebih dari 2,9 juta pengikut di Twitter. Tidak hanya itu, ia juga sering membagikan video dakwah dan vlog lewat kanal YouTube-nya yang saat ini memiliki lebih dari 300 ribu subscriber.

Tidak hanya dikenal sebagai pendakwah, Felix juga merupakan penulis telah merilis banyak buku. Buku pertama yang ia luncurkan adalah Beyond the Inspiration yang dirilis pada tahun 2010. Buku tulisan Felix biasanya berisikan perjalanan hidupnya dan juga topik-topik yang berkaitan dengan Islam.

Simak Video "Felix Siauw Ceramah di Balai Kota, Anies: Kita Ikuti Aturan"
[Gambas:Video 20detik]

(vmp/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com