detikNews
Rabu 26 Juni 2019, 16:37 WIB

Aksi Kawal MK di Patung Kuda, Abah Zaini dari Banten Atraksi Debus

Farih Maulana Sidik - detikNews
Aksi Kawal MK di Patung Kuda, Abah Zaini dari Banten Atraksi Debus Abah Haji Zaini Debus di Aksi Kawal MK (Farih/detikcom)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Jakarta - Seorang pria bernama Abah Haji Zaini (69) melakukan aksi debus di sekitar kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat. Dia menyebut dirinya sebagai Jawara Banten.

Pantauan detikcom di depan gedung Kemenkum HAM, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (26/6/2019), Abah Zaini melakukan aksi debus dengan menusuk-nusukkan 3 buah paku ke leher seekor ayam. Namun ayam tersebut tampak masih hidup.



Sebanyak 3 buah cincin batu akik milik Abah Zaini berukuran besar terlihat di sekitar tempat aksi debus. Massa yang berada di sekitar lokasi tampak serius menyaksikan aksi Abah Zaini.

Pria berbaju hitam bertulisan 'Jawara Banten' itu menyebut dirinya berasal dari Rangkasbitung. Abah Haji Zaini mengatakan mengikuti aksi kawal MK di Patung Kuda dengan berjalan kaki dari rumahnya selama 2 hari lebih.



Abah Haji Zaini beralasan memilih debus menusuk-nusukkan paku ke seekor ayam karena ayam biasa dikonsumsi masyarakat. Cara menusuk-nusukkan itu juga menandakan tersiksanya rakyat Indonesia tapi tak ada yang peduli.

"Rakyat pada susah, boro-boro makan ayam. Ayam ini sama juga rakyat disiksa, bergejolak membela kebenaran. Lewat ayam ini, sejauh mana rakyat Indonesia bisa maju," ujar Abah Haji Zani.

Simak Video "Massa Aksi Kawal MK Bubar, Besok Kembali Lagi"
[Gambas:Video 20detik]

(knv/knv)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com