detikNews
Rabu 26 Juni 2019, 07:47 WIB

Round-Up

Sanksi untuk Oknum Polisi Pemaki Pedagang Nasi Bebek

Tim detikcom - detikNews
Sanksi untuk Oknum Polisi Pemaki Pedagang Nasi Bebek Foto: Isal Mawardi/detikcom
Bekasi - Seorang oknum polisi marah-marah dan memaki pedagang nasi bebek di Bekasi Utara, Kota Bekasi. Oknum bernama Aiptu Mursid itu tidak terima karena ditagih uang air teh sebesar Rp 1.000.

Peristiwa itu terjadi di Jalan Lingkar Utara, Teluk Pucung, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jumat, 21 Juni, malam lalu. Kejadian itu direkam video dan menjadi viral di media sosial.

detikcom menyambangi lapak nasi bebek yang viral itu pada Senin (24/6/2019) malam itu. detikcom bertemu dengan pedagang nasi bebek tersebut. Dia membenarkan kejadian itu tapi menolak menyebutkan namanya.


Pedagang tersebut tidak mau bicara banyak mengenai kejadian itu. Dia juga menyebut tidak melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Bekasi Utara.

"Nggak ada pelaporan, cuma gara-gara itu (oknum) ditangani polisi," imbuhnya.

Dalam video yang beredar, oknum tersebut mengaku sebagai anggota Polsek Bekasi Utara. Mursid juga sempat mengancam akan mengusir pedagang itu.

"Ngerti nggak? Catat Pak Mursid, Polsek Bekasi Utara, ya, besok gue pakai pakaian dinas makan di sini gue usir lu ya. S***n lu. Dagang aja di sini numpang gratis, minum bayar lo. Makan tuh harus minum g****k," maki oknum tersebut.




Sementara itu, pedagang tersebut tidak melawan. Dia hanya sesekali menjawab 'siap'.

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Indarto menyesalkan perilaku Aiptu Mursid, yang memaki pedagang nasi bebek di Bekasi Utara. Ia berharap kejadian ini menjadi pelajaran bagi anggota lainnya agar bersikap lebih humanis dan tidak arogan.

"Jangan sakiti hati rakyat," ujar Kombes Indarto dalam keterangannya kepada detikcom, Selasa (25/6/2019).


Indarto menyadari polisi juga tidak luput dari kesalahan. Namun polisi dituntut untuk sempurna agar menjadi pengayom dan pelindung masyarakat.

"Masyarakat tidak peduli Anda ada masalah pribadi atau tidak. Masyarakat hanya ingin Anda selalu tampil baik dan mengayomi. Jadi persiapkan mental dan fisik untuk mengayomi masyarakat," katanya.

Indarto memastikan Mursid telah mendapatkan sanksi, baik sanksi disiplin maupun fisik, salah satunya hukuman berupa hormat bendera.


(mei/mei)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com