detikNews
Selasa 25 Juni 2019, 17:16 WIB

Polisi Pastikan Tak Ada Massa Radikal Nginap di Masjid Jelang Sidang MK

Samsuduha Wildansyha, Jeffrie Nandy - detikNews
Polisi Pastikan Tak Ada Massa Radikal Nginap di Masjid Jelang Sidang MK Foto: Jeffry/detikcom
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Jakarta - Sebuah informasi yang beredar di media sosial menyebutkan akan ada kelompok radikal yang bakal menginap di masjid di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Bagaimana tanggapan polisi?

Kapolsek Tanah Abang AKBP Lukman Cahyono mengatakan informasi tersebut sudah beredar sejak beberapa waktu lalu.

"Sejak Lebaran sudah dapat info tersebut," kata AKBP Lukman Cahyono kepada detikcom, Selasa (25/6/2019).

Lukman mengatakan, setelah polisi mendapat info itu, pihaknya langsung memantau masjid-masjid di wilayah Tanah abang, Jakarta Pusat. Namun, hingga saat ini, Lukman menyebut belum ada indikasi kelompok radikal yang menginap di masjid-masjid di wilayahnya.

"Sampai saat ini, di Masjid Al-Makmur dan masjid-masjid lainnya di wilayah Tanah Abang belum ada nampak kelompok massa yang bermalam atau menginap," ungkapnya.



Untuk mengantisipasi hal itu, Lukman menyebut pihaknya terus melakukan pendekatan kepada masyarakat. Polisi juga menggelar kegiatan bertajuk 'Polisi Cinta Masjid' yang diisi kegiatan salat berjemaah hingga ceramah.

"(Antisipasi kabar itu) kita laksanakan salat berjemaah di masjid-masjid yang ada wilayah Tanah Abang sekaligus bekerja sama dengan takmir masjid untuk memantau tamu-tamu orang luar yang datang atau menginap di masjid-masjid," kata Lukman.

Sementara itu, pantauan detikcom di Masjid Al-Makmur, Jalan KH Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakpus, tidak terlihat adanya massa yang berkumpul di lokasi. Hanya ada sebagian kecil warga yang beribadah di dalam masjid.

Halaman masjid juga tampak lengang. Tidak ada kendaraan bus yang diparkir di depan masjid.

Informasi tersebut beredar di grup-grup WhatsApp. Informasi itu menyampaikan adanya kelompok radikal dari Cirebon yang akan merapat ke Jakarta secara bergelombang mulai Selasa (25/6) hingga Kamis (27/6) dan akan bermalam di Masjid Al-Makmur.


(mea/fjp)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed