detikNews
Selasa 25 Juni 2019, 16:23 WIB

Operasi Narkoba di Kampus Unas, Polisi Cek Urine Mahasiswa-Dosen

Matius Alfons - detikNews
Operasi Narkoba di Kampus Unas, Polisi Cek Urine Mahasiswa-Dosen Foto: Matius Alfons/detikcom
Jakarta - Satuan Reserse Narkoba Polres Jakarta Selatan melakukan giat cipta kondisi narkoba di Universitas Nasional (Unas). Polisi menggandeng Badan Narkotika Nasional Kota Jakarta Selatan melakukan tes urine terhadap civitas akademika.

Pantauan detikcom di halaman Universitas Nasional,Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (25/6/2019), pukul 15.08 WIB, polisi dan petugas BNN mengumpulkan mahasiswa di dekat mobil tes urine BNNK. Mereka kemudian didata dan diminta memberikan sampel urine untuk dicek.

Sementara polisi juga melakukan penggeledahan terhadap tas mahasiswa. Polisi juga menerjunkan K-9 (anjing pelacak) untuk mengendus narkoba, menyisir ke beberapa tempat.

Sementara itu Kasat Narkoba Polres Jakarta Selatan, Kompol Vivick Tjangkung terdengar menanyai beberapa mahasiswa. Dirinya lalu mengarahkan yang mendapat hasil urine negatif untuk berkumpul untuk di data.

"Kamu udah mas, apa hasilnya?," ucap Vivick kepada seorang mahasiswa.



"Negatif, negatif dong bu," jawab mahasiswa tersebut.

Kemudian Vivick mengarahkan mahasiswa tersebut ke tempat berbeda. "Bagus kalau negatif silakan minggir ya langsung kalau sudah, yang sudah tes urine tunggu di situ, kumpul di situ ya," lanjut Vivick.

Seorang mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unas bernama Nadif merespons positif upaya polisi ini. Menurutnya, upaya ini merupakan langkah bagus untuk mencegah peredaran narkotika di lingkungan kampus.

"Bagus untuk dikontrol mahasiswa biar bersih, tadi saya tes urine, saya hasilnya negatif, tadi random aja milih saya," kata Nadif.

Hingga pukul 16.00 WIB, pemeriksaan masih berlangsung. Selain mahasiswa, sejumlah dosen juga secara sukarela ikut dites urine. Namun beberapa dosen langsung meninggalkan lokasi pemeriksaan karena harus kembali mengajar.


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed