detikNews
Selasa 25 Juni 2019, 11:21 WIB

Soal Rekonsiliasi Pascapilpres, Luhut: Jokowi Tak Sungkan Lakukan Apa Saja

Tsarina Maharani - detikNews
Soal Rekonsiliasi Pascapilpres, Luhut: Jokowi Tak Sungkan Lakukan Apa Saja Momen Jokowi-Prabowo selfie saat menonton final cabang olahraga pencak silat di Asian Games lalu (Foto: Instagram prabowo)
Jakarta - Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan berbicara soal rekonsiliasi antara Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto usai Pilpres 2019. Ia mengatakan Jokowi sangat menginginkan rekonsiliasi.

"Sangat (ingin rekonsiliasi). Nanti dengar saja pidato presiden setelah pengumuman. Insyaallah semua baik-baik, tentu nanti presiden akan menyampaikan pidato sebagai presiden terpilih. Insyaallah akan mengajak supaya kita ramai-ramai membangun negara kita ini," kata Luhut di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (25/6/2019).


Menurutnya, upaya rekonsiliasi itu bisa terwujud dalam berbagai rupa. Luhut tidak menutup kemungkinan jika Jokowi menyambangi kediaman Prabowo seperti pada 2014. Luhut mengatakan Jokowi akan berbuat apa saja demi kepentingan negara.

"Ya, bisa saja terjadi begitu. Tidak ada yang tidak mungkin. Jokowi kan orang humble. Dia orang yang sangat bersahaja, ibunya bersahaja. Dan untuk kepentingan negara, saya kira Pak Jokowi tidak akan pernah sungkan untuk berbuat apa saja," ucapnya.


Sementara itu, saat ditanya soal peluang Gerindra bergabung ke kabinet, Luhut enggan menjawab. Namun, dia menegaskan Jokowi tidak pernah tertutup menghadapi segala kemungkinan politik.

"Kalau itu sih, saya kira tanya presiden ya. Tapi pada dasarnya tidak menutup kemungkinan-kemungkinan itu terjadi," tegas Luhut.


(tsa/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed