detikNews
Senin 24 Juni 2019, 20:56 WIB

Ngaku Polisi, Penipu Tangkap Anak Kasus Narkoba di Medan Diringkus

Budi Warsito - detikNews
Ngaku Polisi, Penipu Tangkap Anak Kasus Narkoba di Medan Diringkus Ilustrasi (Foto: dok. Thinkstock)
Medan -

Polisi menangkap Bambang Pujiono alias Andi (33), pelaku penipuan senilai Rp 80 juta. Andi menipu warga dengan mengaku sebagai polisi.

Kapolsek Medan Timur Kompol M Arifin mengatakan penangkapan pelaku merupakan tindak lanjut atas pengaduan korban bernama Surianto (75), warga Medan Perjuangan.

"Kejadian berawal saat korban ditelepon seseorang bermarga Ginting, yang mengaku sebagai polisi. Pelaku mengaku telah menangkap anak korban dan menantunya dalam kasus narkoba," ujar Arifin, Senin (24/6/2019).



Dalam sambungan telepon, pelaku meminta uang Rp 80 juta agar anak dan menantu korban dibebaskan. Permintaan pelaku pun disanggupi korban.

"Uang Rp 80 juta diberikan kepada pelaku sebagai tebusan," kata Arifin.




Setelah menyerahkan uang, terungkap anak dan menantu korban ternyata tidak ditangkap polisi. Korban langsung melaporkan penipuan ini ke polisi.

"Petugas Polsek Medan Timur yang mendapat laporan melakukan penyelidikan dan menangkap pelaku Bambang Pujiono alias Andi (33)," sambung Arifin.

Polisi saat ini memburu rekan pelaku Bambang berinisial D. Para pelaku, menurut Arifin, merupakan residivis dalam kasus yang sama.

"Dari tangan pelaku disita barang bukti satu unit kulkas, dua unit HP, satu unit speaker, satu unit televisi, dan uang Rp 2 juta," imbuh Arifin.

Barang-barang tersebut, menurut Arifin, dibeli dengan uang hasil penipuan. Para pelaku dijerat dengan Pasal 378 KUHPidana.


(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com