detikNews
Senin 24 Juni 2019, 14:45 WIB

Olah TKP Home Industry Narkoba di Jakbar, Polisi Sita 1 Kg Prekusor Sabu

Matius Alfons - detikNews
Olah TKP Home Industry Narkoba di Jakbar, Polisi Sita 1 Kg Prekusor Sabu Foto: Matius Alfons/detikcom
Jakarta - Polisi melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di industri rumahan (home industry) sabu di Perumahan Citra 2 Kalideres, Jakarta Barat. Di lokasi tersebut tim Labfor Polri menyita sejumlah bahan prekusor sabu.

"Kami dari Puslabfor Mabes Polri telah melakukan pemeriksaan dan ditemukan beberapa jenis bahan baku prekursor seperti, efedrin, iodin, fosfor, aseton, keluen, soda api dan alkohol, di mana bahan-bahan itu digunakan untuk membuat narkotika jenis sabu," jelas Kasubdit Narkotika Puslabfor Kompol Yuswardi kepada wartawan di lokasi, Senin (24/6/2019).

Olah TKP dipimpin oleh Kasat Narkoba Polres Jakarta Barat AKBP Erick Frendriz. Dalam proses olah TKP, tersangka Mangendar Wanto juga dihadirkan.

Yuswardi menambahkan, tersangka menggunakan metoda tersendiri dalam meracik sabu tersebut.

Sejumlah bahan baku dan peralatan untuk membuat sabu ditemukan di rumah tersebut.Sejumlah bahan baku dan peralatan untuk membuat sabu ditemukan di rumah tersebut. Foto: Matius Alfons/detikcom




"Jenis produksi namanya red fosfor method, jadi kami bisa pastikan memang benar TKP ini digunakan tempat produksi narkotika jenis sabu," katanya.

Di lokasi tersebut polisi menyita sejumlah barang bukti, di antaranya prekusor yang mencapai 1 kilogram lebih.

"Dengan ditemukan bahan jadi juga mencapai 1 kg lebih, selanjutnya kalau memang dihubungkan dengan TKP sebelumnya di Cipondoh, dari segi modus pembuatan persis mirip sekali dengan modus pembuatan narkotika jenis sabu yang sebelumnya dibuat di Cipondoh," tuturnya.

Kasat Narkoba Polres Jakbar AKBP Erick Frendriz mengatakan kasus ini merupakan pengembangan dari kasus sebelumnya. Di mana dalam kasus itu polisi menangkap seorang tersangka berinisial PC.

Ada 1 kilogram prekusor yang disita polisi.Ada 1 kilogram prekusor yang disita polisi. Foto: Matius Alfons/detikcom






(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed