detikNews
Senin 24 Juni 2019, 11:10 WIB

Peracik Home Industry di Jakbar Dikabarkan Pernah Digerebek Pesta Sabu

Matius Alfons - detikNews
Peracik Home Industry di Jakbar Dikabarkan Pernah Digerebek Pesta Sabu Foto: Matius Alfons/detikcom
Jakarta - Sebuah rumah bernomor BH 8-10 RT 09/020 Perumahan Citra 2 Kalideres, Jakarta Barat digerebek polisi karena dijadikan sebagai pabrik rumahan sabu. Di lokasi tersebut, polisi menangkap pelaku bernama Mangendar Wanto alias Aseng.

Pengurus RW 020 Rudy Irawan mengatakan pelaku sudah lima tahun tinggal di rumah tersebut. Menurut Rudy, sebelum digerebek karena home industry sabu, Mangendar juga pernah digerebek karena pesta narkoba.

"Dia pernah digerebek sekali waktu itu, nggak tahu kapan, tapi hanya sebagai pemakai aja waktu itu. Saya nggak tahu ceritanya tapi ya pernah juga digerebek," kata Rudy saat berbincang dengan detikcom di lokasi, Senin (24/6/2019).

Namun Rudy tidak mengetahui secara rinci proses penggerebekan kala itu. Dia juga tidak mengetahui apakah Mangendar saat itu diproses atas penyalahgunaan narkoba atau tidak.

Pengurus RW Rudy Irawan.Pengurus RW 020 Rudy Irawan. Foto: Matius Alfons/detikcom




"Dulu mungkin nggak ada BB, hanya bong aja, jadi pemakai aja dulu sih. Sekarang mungkin sebagai produsen," lanjutnya.

Rudy juga menceritakan soal penggerebekan di rumah tersebut. Menurut Rudy, pelaku sempat hendak melarikan diri.

"Polisi langsung gerebek langsung dikunci pintu kawat nyamuknya tuh langsung naik ke atas nggak lama suaminya yang turun, polisi ngomong 'kabur lagi gue tembak' istilahnya kayak gitu," jelasnya.

Pantauan detikcom di lokasi, rumah tersebut sudah diberi garis polisi. Sementara sejumlah polisi telah ada di lokasi.

Polisi akan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi, yang dipimpin oleh Kasat Narkoba Polres Jakarta Barat AKBP Erick Frendriz.

Sebelumnya home industry sabu tersebut digerebek polisi pada Minggu (23/6). Kapolres Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi mengungkap, pelaku saat ditangkap kedapatan sedang meracik narkoba.

Home Industry Sabu di JakbarHome Industry Sabu di Jakbar Foto: Matius Alfons/detikcom



(mei/mei)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com