Cerita Ortu Datang ke SMAN 8 Sejak 04.30 WIB Demi Daftar PPDB Zonasi

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Senin, 24 Jun 2019 10:00 WIB
PPDB DKI di SMAN 8 (Foto: Lisye/detikcom)
Jakarta - Sejumlah orang tua rela datang pagi-pagi sebelum matahari terbit untuk mendaftar PPDB DKI 2019 Jalur Zonasi. Berbagai cara dilakukan orang tua berjam-jam sebelum pendaftaran dibuka.

Salah seorang orang tua calon siswa di SMAN 8 Jakarta, Dianti, bergantian dengan suami untuk antre. Pada pukul 04.30 WIB, sang suami sudah berada di salah satu SMA favorit itu.

"Suami dari subuh, 04.30 WIB. Tapi tadi ayahnya anak saya, lalu saya melanjutkan. Ya kami bekerja ya, jadi first come first service aja sih," ujar Dianti saat keluar dari ruang pendaftaran PPDB SMAN 8 Jakarta, Jalan Taman Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (22/6/2019).


Dianti memanfaatkan waktu menunggu itu dengan menyelesaikan pekerjaannya. Oleh sebab itu, ia tidak merasa lama saat menunggu antrean masuk ke ruang pendaftaran.

"Nggak lama karena saya bawa pekerjaan. Saya baca, ada kerjaanlah yang saya baca. Lagian tapi tadi gantian dengan ayahnya anak saya jadi relatif nggak lama," kata dia.

Dianti, orangtua siswa daftar PPDB Zonasi di SMAN 8 Jakarta / Dianti, orang tua siswa daftar PPDB Zonasi di SMAN 8 Jakarta. (Foto: Lisye/detikcom)

Sejauh ini, Dianti mengaku tidak mengalami kendala saat mendaftar PPDB Zonasi untuk anaknya, dari mengambil nomor antrian hingga mendapatkan akun PPDB. Menurutnya, panitia pendaftaran sudah menyediakan beberapa fasilitas untuk pendaftaran.

"Nggak ada kendala, SMAN 8 sudah mengatur sedemikian rupa gitu ya, mulai dari tempat duduk, kemudian antreannya juga rapi," lanjutnya.

"Sudah (mendaftar) cepat sekali, hanya nggak sampai 3 menit udah dapat tokennya. Hari pertama lancar," kata Diantri.


Hal senada disampaikan oleh orang tua siswa lainnya. Dinny dan Riana merasa tak begitu lama menunggu antrean karena pihak sekolah menyediakan bangku sehingga mereka duduk dan berbincang-bincang dengan orang tua siswa lainnya.

"Kita jam 06.00 WIB ambil nomor. Kita nunggu antrean. Tadi waktu saya datang ke sini antrean 81, tapi ada kursi di sini jadi nggak berdiri," ujar Dinny.

Dinny dan Riani, orangtua siswa daftar PPDB DKI 2019 Jalur Zonasi / Dinny dan Riani, orang tua siswa daftar PPDB DKI 2019 Jalur Zonasi. (Foto: Lisye/detikcom)

Sementara itu, Riani menilai pendaftaran PPDB di SMAN 8 Jakarta sejauh ini berlangsung tertib. Menurutnya, jika semua pihak tertib, maka terhindar dari kericuhan.

"Di sini bagus ya. Tertiblah, nggak ricuh kalau di sini. Kita ikutin aturan aja. Kalau kita ikutin aturan nggak ricuh. Buktinya ini kan tertib," kata Riani.



Soal Zonasi Sekolah, KPAI: Problemnya Sosialisasi, Daerah Tak Siap:

[Gambas:Video 20detik]

(lir/imk)