detikNews
Minggu 23 Juni 2019, 14:30 WIB

Festival Damai di Monas Raih Rekor Muri

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Festival Damai di Monas Raih Rekor Muri Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Puncak Festival Damai Millennial Road Safety Festival (MRSF) 2019 meraih penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri). Acara bertajuk 'Merajut Persatuan dalam Kebhinekaan' yang digelar di Silang Monas ini dihadiri lebih dari 700 ribu orang untuk mendeklarasikan pesan damai dan keselamatan berlalu lintas.

"Dari deklarasi tersebut kita mendapatkan apresiasi dan hasil yang baik. Karena kita mendapat rekor Muri dengan deklarasi pesan damai dan keselamatan berlalu lintas terbanyak," ujar Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Mardiono di Monas, Minggu (23/6/2019).

Hal ini, menurut Eko, menunjukkan masyarakat khususnya generasi millenial sudah siap jadi pelopor perubahaan dalam berlalu lintas dan juga persatuan bangsa.


Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono mengatakan deklarasi yang meraih rekor Muri ini merupakan upaya menjaga persatuan bangsa dan menolak kekerasan.

"Saya mengajak kepada generasi masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ini. Keberagaman adalah kekayaan bagi bangsa kita. Persatuan dan kesatuan dan NKRI adalah harga mati. Kita setuju menolak kekerasan anarkisme dan menolak kekerasan," jelasnya

Ditempat yang sama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan keberagaman adalah fakta latar belakang kita. Tapi persatuan adalah hasil ikhtiar. Mari kita ikhtiarkan terus - menerus persatuan bagi Indonesia.

"Persatuan dibangun dengan saling menghargai dan itu diawali dengan saling kenal. InsyaAllah pertemuan ini menjadi kesempatan saling kenal lebih dekat dan saling menghargai," kata Anies.


Acara Festival Damai ini juga dimeriahkan oleh sejumlah artis papan atas Indonesia, seperti DJ Yasmin, HIVI, RAN, Anji, Jamrud, Nella Kharisma dan Zaskia Gotik.

Ada juga atraksi terjun payung dari anggota Brimob dan TNI secara bergantian yang membawa berbagai macam bendera termasuk bendera Merah Putih.

Berikut isi deklarasi yang mendapat rekor muri di Festival Damai Millenial Road Safety Festival 2019 di Monas

Kami Generasi Millenial:
1. Siap merajut persatuan dan kesatuan bangsa guna mewujudkan kedamaian bagi seluruh masyarakat Indonesia.
2. Menolak segala tindakan yang dapat menimbulkan kekerasan, kerusuhan dan perpecahan.
3. Mendukung program pemerintah dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat serta keselamatan berlalu lintas.
4. Siap menjadi pelopor persatuan dalam kebhinekaan.
(ega/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com