detikNews
Minggu 23 Juni 2019, 10:11 WIB

Laporan Dari Bangkok

Isu HAM hingga Pekerja Migran Disorot Jokowi di KTT ASEAN Ke-34 Bangkok

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Isu HAM hingga Pekerja Migran Disorot Jokowi di KTT ASEAN Ke-34 Bangkok Noval Dhwinuari Antony/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini menghadiri pembukaan KTT ASEAN ke-34 di Bangkok, Thailand. Isu HAM hingga masalah pekerja migran menjadi sorotan Jokowi pada KTT ASEAN kali ini.

Seremoni pembukaan KTT ASEAN ke-34 berlangsung di lokasi acara di The Athenee Hotel, Luxury Collection, Bangkok, Sabtu (22/6/2019). Jokowi bersama pemimpin negara ASEAN tiba di lokasi acara pada pukul 09.08 waktu setempat.


Acara seremoni pembukaan KTT ASEAN ke-34 diawali sambutan pembuka PM Thailand Prayut Chan-o-cha. Selanjutnya, para pimpinan negara ASEAN dan para delegasi disuguhi video presentasi terkait Pusat Pengobatan Militer ASEAN dan Gudang Satelit ASEAN di Provinsi Chainat di bawah Sistem Logistik Darurat Bencana untuk ASEAN.

Para pemimpin ASEAN kemudian diajak ke atas panggung untuk peluncuran secara simbolik Gudang Satelit ASEAN di Provinsi Chainat di bawah Sistem Logistik Darurat Bencana untuk ASEAN. Jokowi dan para pemimpin ASEAN lalu berfoto bersama.


Turut mendampingi Jokowi yaitu Menko Polhukam Wiranto, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Duta Besar Indonesia untuk Thailand, Ahmad Rusdi.

Sebelumnya, pada Sabtu (23/6), Jokowi telah mengikuti beberapa agenda, di antaranya pleno KTT ASEAN ke-34 bersama pemimpin negara lainnya, dan melakukan pertemuan tatap muka dengan para pemimpin ASEAN, wakil parlemen negara-negara ASEAN, perwakilan pemuda, hingga perwakilan pengusaha.


Menlu Retno mengungkapkan, dalam pertemuan tatap muka antara para pemimpin negara ASEAN dan wakil parlemen, Jokowi mengingatkan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan parlemen. Kolaborasi diperkuat untuk memajukan HAM, perlindungan hak perempuan, perlindungan pekerja migran, memajukan demokrasi, dan perdamaian.

"Dan Presiden mengatakan bahwa, dengan kolaborasi yang baik seperti ini, maka insyaallah manfaat ASEAN akan dapat manfaat yang lebih dirasakan dan rakyat ASEAN akan lebih dihormati oleh dunia," kata Retno di sela KTT ASEAN ke-34 di Bangkok.


Jokowi menjadi satu-satunya pemimpin ASEAN yang berbicara pada saat pertemuan tatap muka pemimpin negara ASEAN dengan parlemen ASEAN. Jokowi juga berkesempatan melakukan pertemuan tatap muka dengan perwakilan anak-anak muda.

"Dengan perwakilan anak-anak muda presiden menyampaikan ajakan bagi anak-anak muda untuk bekerja cepat, terus melakukan inovasi berpikir out of the box. Karena presiden mengatakan dunia yang kita hadapi adalah dunia yang penuh dengan ketidakpastian," ujar Retno.

Jokowi pun meminta para anak muda tidak muda menyerah walaupun dunia diisi dengan ketidakpastian. Dia berharap anak-anak muda ASEAN dapat menjadi agen perdamaian dan toleransi.

"Presiden juga 1 di antara 2 pemimpin yang berbicara di dalam pertemuan dengan anak-anak muda ASEAN," ucap Retno.

Sementara itu, pada pleno KTT ASEAN ke-34, Jokowi mengingatkan menyoroti situasi perang dagang antara China dan Amerika Serikat. Menurut Retno, Jokowi mengingatkan para pemimpin negara ASEAN bahwa bukan tidak mungkin perang dagang akan merembet ke berbagai masalah.

"Presiden mengatakan bukan tidak mungkin bahwa perang dagang ini akan merembet ke mana-mana dan dapat berdampak pada stabilitas keamanan kesejahteraan kawasan," tuturnya.

"Dan Presiden mengatakan upaya untuk memperkuat bangunan ekonomi dari negara ASEAN secara individual maupun secara lebih kolektif, artinya dan perdagangan intra-kawasan ASEAN harus diperkuat fasilitasi perdagangan menjadi lebih penting dan UMKM diingatkan harus mendapatkan benefit dari integrasi ekonomi ASEAN," lanjutnya.


Tonton video Pertemuan Jokowi dan Aung San Suu Kyi di KTT ke-34 ASEAN:

[Gambas:Video 20detik]


(nvl/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com