detikNews
Minggu 23 Juni 2019, 02:20 WIB

Dihantam Angin Kencang, 18 Rumah dan 6 Ruko di Bireun Aceh Rusak

Datuk Haris Molana - detikNews
Dihantam Angin Kencang, 18 Rumah dan 6 Ruko di Bireun Aceh Rusak Dihantam Angin Kencang, 18 Rumah dan 6 Ruko di Bireun Aceh Rusak (Foto: dok. Tagana Bireun)
Bireun - Sebanyak delapan belas unit rumah, enam unit ruko, dua unit balai pengajian dan satu bengkel di delapan kecamatan di Kabupaten Bireun, Aceh rusak diterjang angin kencang. Kejadian itu juga mengakibatkan enam warga luka-luka tertimpa pohon tumbang.

"Kronologinya, kejadian itu berawal saat hujan deras dengan intensitas tinggi mengguyur Bireun pada Sabtu, 22 Juni 2019 sekitar pukul 18.00 WIB hingga 19.30 WIB. Pada saat hujan itu juga disertai dengan angin kencang (badai)," kata Koordinator Tagana Bireun, Zulfikar dikonfirmasi detikcom, Minggu (23/6/2019).

Zulfikar menyebutkan, selain merusak bangunan milik warga. Sekitar enam warga juga mengalami luka-luka akibat tertimpa ranting pohon tumbang da

Hasil pendataan awal, peristiwa itu terjadi di Kecamatan Pandrah, Juli, Kota Juang, Peudada, Peusangan, Kuala, Jangka dan Jeumpa.

"Ada 18 rumah rusak, 6 ruko, 2 balai pengajian dan 1 bengkel. Kerusakan itu kondisinya beragam ada yang rusak berat, rusak sedang dan ringan. Penyebabnya karena angin kencang dan tertimpa pohon tumbang," sebut Zulfikar.

Zulfikar menuturkan pihaknya hingga kini terus melakukan pendataan terhadap para korban bencana angin kencang. Mereka yang sudah terdata, nantinya akan disalurkan bantuan massa panik.

"Kita terus melakukan pendataan terhadap mereka yang menjadi korban angin kencang. Bagi yang sudah terdata, kita akan salurkan bantuan massa panik," ungkap Zulfikar.

1. Kecamatan Pandrah
- 2 unit rumah rusak
- 2 pohon tumbang hingga terjadi kemacetan
- 1 unit ruko

2. Kecamatan Juli
- 2 unit rumah rusak
- Kecelakaan akibat dihempas angin
- Pohon tumbang mengakibatkan kemacetan

3. Kecamatan Kota Juang
- 2 unit rumah rusak
- 2 unit ruko rusak
- 1 unit bengkel las
- 1 unit balai pengajian

4. Kecamatan Peudada
- 1 unit rumah rusak
- 1 unit pesantren (3 bilik dan 2 sepmor dihantam pohon tumbang)

5. Kecamatan Peusangan
- 2 unit rumah rusak
- 1 tiang telkom tumbang

6. Kecamatan Kuala
- 8 unit rumah rusak
- 1 unit ruko rusak

7. Kecamatan Jangka
- 1 unit rumah rusak
- 1 unit ruko rusak

8. Kecamatan Jeumpa
- 1 unit rumah rusak
(ibh/ibh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed