Jalan Arah HI Ditutup, Warga Mulai Datangi Lokasi Perayaan HUT DKI

Zakia Liland - detikNews
Sabtu, 22 Jun 2019 16:07 WIB
Suasana di Sekitar Bundaran HI (Zakia Liland/detikcom)
Jakarta - Jalan menuju Bundaran HI, Jakarta Pusat, ditutup. Warga pun tampak mulai berdatangan ke lokasi perayaan HUT DKI Jakarta ke-492 itu.

Pantauan detikcom pada pukul 15.34 WIB, Sabtu (22/6/2019), akses menuju Bundaran HI, baik dari arah Jalan MH Thamrin maupun Jalan Sudirman, sudah ditutup. Masyarakat pun mulai memadati lokasi di sekitar panggung-panggung yang telah disiapkan di kawasan Bundaran HI.

Perayaan HUT DKI ini sendiri menarik warga dari luar DKI. Salah satunya Abdul Sukur (42), yang mengaku datang dari Banjarmasin untuk melihat kemeriahan HUT DKI.



"Saya baru sampai tadi pagi, pesawat jam 10. Karena ada di Instagram, mungkin ramai gitu. Sekalian aja," kata Abdul di kawasan Bundaran HI.

Selain itu, Musrianti (41), warga Tambun, Bekasi, mengaku sengaja hadir ke kawasan Bundaran HI untuk merasakan euforia ulang tahun Jakarta. Dia mengaku sudah berada di lokasi sejak pukul 12.30 WIB bersama anak dan suaminya.

"Sekitar jam setengah 1, sama keluarga, sama anak, sama suami. Senang baru ngelihat. Selama bertahun-tahun Jakarta, baru kali ini ngelihat," ucap Musrianti.

Acara HUT DKI tersebut akan berlangsung di kawasan Bundaran HI dari pukul 15.00 hingga 23.00 WIB. Acara tersebut bertema 'Wajah Baru Jakarta'.

Jalan Arah HI Ditutup, Warga Mulai Datangi Lokasi Perayaan HUT DKIJalan ke arah HI mulai ditutup. (Zakia Liland/detikcom)


Bagi warga yang hendak menonton acara tersebut, Dishub DKI menyediakan kantong parkir di sejumlah titik. "IRTI Monas, Thamrin 10, Jalan Imam Bonjol dan Plaza Mandiri," kata Kadishub DKI Jakarta Sigit Wijatmoko.

Selain itu, Dishub DKI menyediakan alternatif kantong parkir, di antaranya Hotel Mandarin Oriental, Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Sarinah Thamrin, Wisma Nusantara, Djakarta Teather, Gedung Jaya, Menara Topas, gedung Plaza Permata, Menara BDN, Sari Pan Pacific, UOB Plaza, The City Tower, Wisma Kosgoro, gedung BNI 46, gedung Wisma 46, gedung Menara Thamrin, dan gedung Wisma Antara.

Jalan Arah HI Ditutup, Warga Mulai Datangi Lokasi Perayaan HUT DKIWarga mulai mendatangi lokasi perayaan HUT DKI. (Zakia Liland/detikcom)




Terkait penutupan sejumlah ruas jalan yang menuju Bundaran HI, Kepolisian juga melakukan rekayasa lalu lintas. Berikut ini daftarnya:

a. Arus lalu lintas dari Jalan Wahid Hasyim sisi timur yang akan belok kiri menuju ke Jalan MH Thamrin dialihkan lurus ke Jalan Wahid Hasyim sisi barat

b. Arus lalu lintas dari Jalan Kebon Kacang Raya yang akan menuju ke Bundaran HI diarahkan putar balik

c. Arus lalu lintas dari Jalan Teluk Betung yang akan menuju Jalan Sudirman diarahkan putar balik

d. Arus lalu lintas dari Jalan Imam Bonjol yang akan menuju Bundaran HI dialihkan belok kiri ke Jalan Pamekasan atau belok kanan ke Jalan Agus Salim

e. Arus lalu lintas dari arah Semanggi yang akan ke Bundaran HI dialihkan belok kiri (Dukuh Atas) menuju Jalan RM Margono Djojohadikoesoemo. (haf/haf)