HUT Ke-492 DKI, Anies Cerita Peran Warga Betawi Jaga Ibu Kota Ratusan Tahun

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Sabtu, 22 Jun 2019 12:02 WIB
Foto: Azizah/detikcom
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi keramahan warga Betawi kepada pendatang di Jakarta. Anies mengatakan perayaan hari ulang tahun (HUT) DKI Jakarta ke-492 tidak terlepas dari kontribusi warga Betawi menjaga kotanya.

"Bicara perjalanan Jakarta ke-492 tahun. Maka masyarakat Betawi-lah yang menjadi penjaga Ibu Kota selama ratusan tahun. Mereka menjadi tuan rumah yang ramah kepada semua yang memungkinkan di kota ini tumbuh berkembang," kata Anies dalam sambutannya di DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Sabtu (22/6/2019).



Anies mengatakan warga Betawi mempunyai jasa dalam merajut persatuan. Selain itu, Anies menyebut warga Betawi berjasa mengantarkan Jakarta menjadi pusat perekonomian di Indonesia.

"Masyarakat Betawi memungkinkan kota ini menjadi simpul bagi kegiatan perekonomian. Simpul kegiatan budaya dan simpul persatuan bagi Indonesia," jelas Anies.



Anies juga menyampaikan apresiasi kepada aparat polisi dan TNI dalam menjaga keamanan di Jakarta. Menurutnya, Jakarta relatif aman sejak Pemilu, puasa, hingga Lebaran.

"Jakarta damai selama beberapa bulan yang menjadi perhatian dari bulan April ketika Pemilu, sampai dengan Mei, Juni sampai sekarang 3 bulan ini kita lewati," sebut Anies.


Anies: Masyarakat Betawi Menjadi Simpul Persatuan Indonesia (fdu/haf)