HUT ke-492 Kota Jakarta

Hutan Kota GBK, Pilihan Wisata Asri di Tengah Kota Jakarta

Uji Sukma Medianti - detikNews
Jumat, 21 Jun 2019 11:18 WIB
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Menjalani aktivitas sehari-hari di Kota Jakarta memang butuh pengorbanan. Tingginya mobilitas masyarakat dan kendaraan yang padat kerap menimbulkan polusi udara. Tak heran jika ruang terbuka menjadi dambaan para kaum urban yang sehari-harinya berjibaku dengan aktivitas kota.

Namun kini warga Ibu Kota bisa menikmati Hutan Kota di Gelora Bung Karno (Senayan), Jakarta. Kehadiran hutan di tengah kota Jakarta ini bisa menjadi alternatif bagi mereka yang mendamba hawa sejuk.


Hutan Kota GBK Senayan yang dibuka untuk umum ini resmi beroperasi pada November 2018 lalu. Kawasan ini terletak di area GBK dengan luas 4 hektare. Dulunya, hutan kota ini adalah lahan lapangan golf driving range.

Hutan Kota GBK Senayan sengaja dibangun sebagai ruang terbuka hijau, paru-paru kota, dan lahan konservasi. Di samping itu, pembangunan hutan kota ini juga diwujudkan sebagai dukungan terhadap kepedulian lingkungan serta perubahan iklim.

Tak hanya menjadi pilihan untuk berwisata, hutan kota menjadi pilihan menarik untuk mengajak anak-anak mengenal dan mengajarkan untuk peduli terhadap lingkungan. Selain suasana hutan, tersedia juga 10 titik fasilitas di antaranya kios komersil, pos keamanan, taman amphiteater, kolam trembesi, plaza utama, ruang ganti, toilet, amphiteater utama, dan cofftea house.

Selain itu, Hutan Kota GBK juga menjadi destinasi wisata 'nongkrong' di Jakarta. Manajemen GBK bekerja sama dengan Plataran untuk mempercantik Hutan Kota GBK. Ke depannya, hutan kota bukan sekadar menjadi paru-paru kota, tapi juga sebagai destinasi kuliner dan budaya.

"Kita GBK bekerja sama dengan Plataran untuk menjadikan GBK tidak sekedar tempat olahraga. Namun juga sebagai destinasi kuliner dan budaya. Langkah pertama adalah dengan menambahkan pohon di kawasan Hutan Kota supaya lebih rindang dan teduh," ungkap Direktur Utama GBK, Winarto, Jumat (17/5/2019).

Hutan Kota GBK, Pilihan Wisata Asri di Tengah Kota JakartaFoto: Grandyos Zafna

Pintu masuk Hutan Kota GBK bisa diakses melalui Pintu 5 GBK, tepatnya di seberang fX Sudirman. Jika ada waktu senggang pada akhir pekan nanti, tak ada salahnya untuk menikmati asrinya Kota Jakarta di Hutan Kota GBK.

Setelah bersantai sore di Hutan Kota GBK, warga Jakarta bisa menyaksikan kemeriahan acara HUT ke-492 Kota Jakarta pada 22 Juni malam di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Serangkaian acara meriah sudah disiapkan. Mulai dari Jakarta Night Festival yang akan berlangsung sejak pukul 17.00 hingga 19.45 WIB di Bundaran HI hingga Jakarta Creative Night yang dimulai pukul 19.45 hingga 21.45 WIB di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Dilansir dari situs resmi PPID Jakarta, Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan rangkaian acara HUT ke-492 Kota Jakarta dihadirkan untuk seluruh warga Jakarta. Bahkan, ia berharap acara ini bisa mendatangkan turis domestik maupun mancanegara.


"Jadi saya mengajak seluruh warga Jakarta untuk ikut berpartisipasi, menikmati rangkaian acara yang telah kami siapkan, dan mendukung berbagai karya anak Jakarta, karya bangsa kita ini. Sehingga ke depannya semakin memajukan perekonomian di Jakarta dengan produk-produk kreatif buatan lokal," ujar Anies.

Acara malam puncak perayaan HUT ke-492 DKI Jakarta juga bisa disaksikan melalui live streaming di portal detik.com dan CNNIndonesia.com pada pukul 19.40 - 20.00 WIB dan dilanjutkan pukul 21.00 - 21.45 WIB. Saksikan juga kemeriahan HUT ke-492 DKI Jakara secara on air di Trans TV dan CNN Indonesia Transvision pukul 20.00 - 21 .00 WIB. (ega/ega)