Saut Situmorang Tepis Ada Jatah-jatahan di Seleksi Capim KPK

Ibnu Hariyanto - detikNews
Kamis, 20 Jun 2019 18:58 WIB
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menepis adanya jatah posisi pimpinan KPK dari unsur-unsur tertentu. Dia pun berbicara pengalamannya saat mengikuti seleksi calon pimpinan (capim) KPK.

"Nggak (ada jatah dari unsur tertentu), buktinya kan kemarin nggak ada definisi-definisi yang kamu maksudkan. Tergantung, ibaratnya menjaring, kemudian dipilih, kalau nggak cocok ya disingkirkan," kata Saut di Gedung Anti-Corruption Learning Center (ACLC), Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (20/6/2019).

Saut menceritakan lagi soal mobilnya yang disinggung saat mengikuti seleksi capim KPK pada tahun 2015. Mobil Saut saat itu adalah Jeep Rubicon.




"Seperti kami dulu yagn saya bilang ketika saya pakai mobil gitu aja diributin, pakai mobil begitu aja diributin, apalagi yang lain-lain," sebut Saut.

Menurut Saut, pansel capim KPK memiliki metode untuk menentukan kandidat nantinya. Siapapun disebut Saut sah-sah saja untuk mendaftar, tetapi nanti rekam jejak akan menentukan.

"Seperti apa nanti ketemunya, seperti harapannya kita berbicara definisi integritas, nanti kan pansel memiliki kriteria," kata Saut.



Tonton video Urgensi dan Strategi Pansel Cegah Capim KPK Terpapar Radikalisme:

[Gambas:Video 20detik]

(dhn/imk)