detikNews
Kamis 20 Juni 2019, 17:11 WIB

Prabowo-Jokowi Belum Bertemu, BPN: Masih Bertarung dalam Ring

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Prabowo-Jokowi Belum Bertemu, BPN: Masih Bertarung dalam Ring Jokowi dan Prabowo (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Prabowo Subianto dan Joko Widodo (Jokowi) belum bertemu meski pelaksanaan pilpres sudah usai. Kubu Prabowo menyebut saat ini mereka masih menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) dan menganggap kompetisi belum usai.

"Kita lihat hasilnya, kan masih panjang. Keputusan kita belum tahu sampai tanggal berapa. Kan kompetisi belum tuntas. Kita lihat nanti setelah kompetisi, ini masih dalam ring, masa dalam ring masih bertarung kita sudah peluk-pelukan, belum. Jadi belum tuntas," kata koordinator juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak, di media center BPN, Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan, Kamis (20/6/2019).


Dahnil menilai kata rekonsiliasi tak pantas digunakan jika kedua pihak akhirnya bertemu. Menurutnya, rekonsiliasi identik dengan keadaan konflik.

"Rekonsiliasi itu bisa dilakukan apabila ada konflik. Dalam kompetisi pemilu itu nggak ada konflik. Kalau dalam Islam, yang ada fastabiqul khoirot, ini kompetisi politik biasa saja tidak ada konflik," ujarnya.


Dahnil yang mengibaratkan pemilu seperti pertandingan tinju menyebut pertarungan akan usai ketika ada pihak yang KO. Meski begitu, dia memandang semua akan damai setelah pertarungan selesai.

"Jadi kalau ibarat main tinju itu bertarung saling pukul sekeras mungkin kemudian ada yang kalah, ada yang KO, selesai, ditetapkan pemenang, ya sudah damai-damai saja. Jadi narasi rekonsiliasi bagi saya tidak tepat," pungkasnya.
(abw/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed