detikNews
Rabu 19 Juni 2019, 18:34 WIB

Gerindra Bisa Gabung ke Jokowi? Ketum Golkar: Prioritas Utama Koalisi 01

Ray Jordan - detikNews
Gerindra Bisa Gabung ke Jokowi? Ketum Golkar: Prioritas Utama Koalisi 01 Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (Zakia Liland/detikcom)
Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menanggapi peluang Partai Gerindra masuk koalisi pasangan 01 Jokowi-Ma'ruf Amin. Airlangga menegaskan prioritas utama adalah partai yang lebih dulu bergabung di koalisi 01.

"Bagi Partai Golkar, tentu prioritas pertama koalisi 01, terus kemudian kalau yang lain ingin masuk, tentu visi-misi komitmennya (harus) sama dengan partai-partai yang sudah duluan ini," kata Airlangga saat ditemui wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/6/2019).



Dia pun mengatakan demokrasi yang sehat seharusnya diimbangi adanya oposisi. "Ya dalam demokrasi yang sehat tentu ada yang di pemerintah ada yang di parlemen," katanya.

Meski demikian, Airlangga mengaku soal kelanjutan koalisi di kubu Jokowi-Ma'ruf Amin baru akan dibahas seusai sidang sengketa Pilpres 2019 oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Meski diakuinya sudah ada pembicaraan bilateral antar-pimpinan partai mengenai hal tersebut.

"Secara pembicaraan bilateral antar-pemimpin partai sih cair," katanya.

Airlangga juga menambahkan kubu koalisi 01 sebenarnya juga sudah sangat baik. Apalagi saat ini koalisi 01 juga mengusai sekitar 60 persen kursi di parlemen.

"Kan sekarang pun kita sudah menguasai lebih dari 60%," katanya.
(jor/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed