Terkena Jerat, Anak Gajah di Aceh Timur Luka Parah

Agus Setyadi - detikNews
Rabu, 19 Jun 2019 11:15 WIB
Anak gajah terkena jerat. Akibatnya gajah itu terluka dan terpisah dari induknya (Foto: dok. BKSDA Aceh)
Banda Aceh - Seekor anak gajah betina berusia sekitar setahun terkena jerat di Aceh Timur, Aceh. Kondisi hewan berbelalai itu memprihatinkan dan terpisah dari induknya.

"Anak gajah ini kita temukan setelah dua hari kita lakukan pencarian usai mendapat laporan dari masyarakat," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Sapto Aji Prabowo kepada wartawan, Rabu (19/6/2019).


Laporan keberadaan anak gajah diterima dari masyarakat Desa Batu Sumbang, Kecamatan Simpang Jernih, Aceh Timur. Usai mendapat laporan, tim dikerahkan untuk melakukan pencarian.

Setelah ditemukan, tim yang terdiri dari Resort KSDA Langsa, FKL, dan drh Anhar mengobati anak gajah tersebut. Selain itu, satwa dilindungi tersebut dibawa ke desa terdekat.


"Kondisi anak gajah terluka karena jerat yang sudah infeksi cukup parah. Diperkirakan sudah dua mingguan. Anak gajah tersebut juga dehidrasi," jelas Sapto.

Rencananya anak gajah tersebut hari ini akan dievakuasi ke CRU Serbajadi di Aceh Timur untuk mendapat perawatan. "Kita juga akan memonitor kemungkinan kelompok gajah asal muncul kembali dan anak gajah akan dicoba digabungkan ke kelompoknya," sebut Sapto. (agse/jbr)