detikNews
Rabu 19 Juni 2019, 09:22 WIB

Anies Siapkan Cara Agar Reklamasi Tak Diteruskan Meski Ganti Gubernur

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Anies Siapkan Cara Agar Reklamasi Tak Diteruskan Meski Ganti Gubernur Foto: Farih Maulana/detikcom
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meyakini Pulau Reklamasi yang sudah disetop pembangunannya tidak akan diteruskan. Anies sudah menarik aturan reklamasi di Perda Tata Ruang.

"Semula, ada 17 pulau yang sudah tercantum dalam Perda RPJMD dan Perda RTRW. Artinya Pemerintah diwajibkan melaksanakannya yaitu membangun reklamasi. Kebijakan kita adalah menghentikan dan memanfaatkan yang sudah terlanjur terjadi yaitu ada 4 pulau. Kini, 13 pulau itu sudah tidak lagi tercantum di Perda RPJMD DKI Jakarta," kata Anies, Rabu (19/6/2019).


Anies memastikan dengan ditarikanya aturan terkait Pulau Reklamasi, tidak mudah bagi gubernur penggantinya nanti melanjutkan aturan itu. Menurutnya, itu adalah cara legal untuk menghentikan reklamasi.

"Itu semua adalah cara legal untuk memastikan bahwa gubernur di masa yang akan datang tidak bisa semena-mena melakukan reklamasi," jelas Anies.


Anies mengatakan negara akan maju jika menghormati proses hukum. Dia berharap penyelenggara negata tidak merusak tatanan hukum.

"Negara ini akan maju bila tiap kita menghormati dan menjalankan hukum dengan benar dan, negeri ini akan rusak bila penyelenggara negara justru yang merusak tatanan hukum," sebutnya.
(fdu/aan)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com