detikNews
2019/06/18 20:31:00 WIB

Round-Up

Wiranto Penasaran terhadap Massa di MK

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Wiranto Penasaran terhadap Massa di MK Menko Polhukam Wiranto (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Massa masih menggelar aksi di depan gedung Mahkamah Konstitusi di tengah persidangan gugatan hasil Pilpres 2019. Sebelumnya, capres Prabowo Subianto meminta tidak ada aksi massa di depan MK. Adanya sejumlah massa ini membuat penasaran Menko Polhukam Wiranto.

Imbauan Prabowo sebelumnya disampaikan tiga hari menjelang sidang perdana sengketa pilpres. Prabowo menyatakan dia dan Sandiaga telah menyerahkan penyelesaian sengketa Pilpres 2019 lewat jalur yang konstitusional, yakni melalui MK. Dia mengimbau para pendukungnya agar menghindari kekerasan.


Karena itu, lanjut Prabowo, dia juga meminta para pendukungnya menghormati proses persidangan di MK. Tidak perlu datang ke gedung MK dan sekitarnya.

"Saudara-saudara sekalian, kami memutuskan menyerahkan melalui jalur hukum dan jalur konstitusi. Karena itu, saya dan Saudara Sandiaga Uno memohon pendukung-pendukung kami, tidak perlu untuk berbondong-bondong hadir di lingkungan MK pada hari-hari yang mendatang," kata Prabowo dalam video yang dikirimkan tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi kepada detikcom, Selasa (11/6).

Namun, pada sidang perdana, massa tetap menggelar aksi di depan MK. Terkait hal ini, cawapres Sandiaga Uno mengapresiasi jika ada pendukung yang tidak datang ke depan MK.

Massa Kawal Sidang Sengketa Pilpres 2019 Orasi di Patung Kuda, Jumat (14/6).Massa Kawal Sidang Sengketa Pilpres 2019 berorasi di sekitar Patung Kuda, Jumat (14/6). (Rifkianto Nugroho/detikcom)

"Kita terus mengingatkan agar masyarakat, khususnya pendukung, untuk tetap tenang, tetap menghormati proses MK. Bisa menyimak dari rumah melalui media televisi dan medsos dan pastikan untuk kita melalui proses MK ini dengan aman, tenteram, dan damai. Kami mengapresiasi pendukung yang tidak datang ke sana," ujar Sandi di Jalan Nusa Indah Raya, Cipinang, Jakarta Timur, Sabtu (15/6).

Sidang sengketa pilpres berlanjut hari ini. Massa tetap menggelar aksi. Aksi yang digelar dimaksudkan untuk mengawal proses persidangan di MK.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed